• Minggu, 28 November 2021

Hadiri Pencucian Benda di Cagar Budaya Situs Joglo, Sekda Ciamis: Tradisi Budaya Jangan Timbulkan Syirik

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:00 WIB
 Sekda Ciamis Tatang saat menghadiri kegiatan ngikis dan pencucian benda di cagar budaya Situs Joglo Desa Ciparay, Cidolog, Kamis, 21 Oktober 2021.  (Istimewa)
Sekda Ciamis Tatang saat menghadiri kegiatan ngikis dan pencucian benda di cagar budaya Situs Joglo Desa Ciparay, Cidolog, Kamis, 21 Oktober 2021. (Istimewa)

JABARNEWS | CIAMIS - Sekretaris daerah (Sekda) Ciamis Tatang menyinggung tradisi budaya yang menurutnya sering disalah kaprahkan masyarakat.

Tatang mengingatkan masyarakat untuk lebih bijak dalam mempertahankan tradisi budaya peninggalan leluhur dan jangan sampai menimpulkan kesyirikan.

“Tradisi budaya ini jangan sampai menimbulkan syirik, pelihara budayanya dan tiru jejak langkah serta suri tauladannya,” kata Tatang saat menghadiri kegiatan ngikis dan pencucian benda di cagar budaya Situs Joglo Desa Ciparay, Cidolog, Kamis, 21 Oktober 2021.

Meski begitu, Tatang mengapresiasi masyarakat Cidolog yang konsisten rutin melaksanakan kegiatan tahunan tersebut.

Baca Juga: Perempuan Bermental Baja Dan Cantik, Ini Ciri-cirinya

Baca Juga: Basarnas Masih Cari Wisatawan yang Hilang Digulung Ombak di Pantai Karang Naya Sukabumi

“Tradisi budaya ini menjadi salah satu edukasi atau pembelajaran bagi kita, bahwa bangsa yang besar selalu menghargai jasa leluhurnya,” tuturnya.

Tak hanya itu, Tatang juga mengajak masyarakat melalui tradisi budaya ini bisa meniru jejak langkah dan suri tauladan para leluhur.

Sementara itu, Juru kunci Situs Keramat Joglo Ajum mengatakan, situs tersebut punya lahan seluas 4 hektar dan merupakan hutan lindung.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 22 Oktober 2021: Selamat! Ada yang Mendapatkan Kabar Baik Seputar Karir

Halaman:

Editor: Rian Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sempat Ricuh, Kapolda Sumut Tinjau Pilkades di Dairi

Sabtu, 27 November 2021 | 12:48 WIB
X