Diguyur Hujan Deras, Tiga Kecamatan di Ciamis Diterjang Longsor

JABARNEWS | CIAMIS – Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis mengakibatkan terjadi bencana longsor di tiga kecamatan.

Berdasarkan informasi yang diterima dari BPBD Kabupaten Ciamis, ketiga kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Panumbangan, Rancah, dan Rajadesa.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis Dadang Darmawan mengatakan, hujan deras yang hampir merata di wilayah Kabupaten Ciamis menyebabkan tiga kecamatan mengalami bencana longsor.

Baca Juga: Rawan Terjadi Kecelakaan laut, Pemkab Pangandaran Bakal Terbitkan SOP Pantai Karapyak

Baca Juga: Jelang ASO, KPID Diminta Harus Mampu Menjawab Tantangan Penyiaran di Jawa Barat

Baca Juga:  Mengulik Jalan Lain Menuju Pilpres 2024, Konvensi atau Hasil Survei?

Dia menyebut, salah satu titik terjadinya longsor yaitu di Kecamatan Rancah tepatnya di Pondok Pesantren Sabilunnajat, Dusun Sukamaju, Desa Cileungsir.

Longsor terjadi padi area asrama D, dan sempat menimpa santri, ada tiga santri yang tertimbun dan mengalami luka ringan.

Baca Juga: Musim Hujan, Uu Ruzhanul Ulum Minta Masyarakat Waspada dan Siaga Bencana

Baca Juga: Kisah Kusir Delman yang Nyaris Hanyut Terseret Banjir di Cimahi, Fokus Selamatkan Kuda

“Sehingga harus dilarikan ke Puskesmas setempat, namun saat ini sudah kembali lagi ke Pesantren,” kata Dadang, Rabu, 3 Oktober 2021.

Baca Juga:  Hebat! Alizka Novia Salzabila, Siswi SMK Ini Sering Juarai Lomba Menari Tradisional Sunda

Dia menjelaskan, berdasarkan laporan dari anggota BPBD, longsor terjadi pada bangunan yang masih dalam proses pengerjaan.

Kemudian, ada air hujan yang menggenang di atasnya sehingga bangunan tersebut tidak bisa menahan intensitas air dan amblas.

“Longsor juga menimpa salah satu rumah warga yang kondisinya sudah rawan dan masuk dalam kriteria Rutilahu. Sehingga membuat rumah tersebut ambruk karena bahan bangunannya yang sudah tua,” jelasnya.

Baca Juga:  Harimau di Bahorok Mangsa Lembu, Warga Khawatir Ancam Manusia

Baca Juga: Waspada! Sepanjang Tahun Lalu Saja, Setiap Hari di Bandung Barat Ada Kejadian Bencana

Baca Juga: Rebutan Kekuasaan, Begini Kronologi Pembunuhan Sadis Preman Pasar Induk Caringin Bandung

Dengan adanya kejadian longsor yang menimpa tiga kecamatan di Ciamis, Dadang mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap fenomena bencana saat ini.

Apalagi, kabupaten Ciamis masuk dalam kategori siaga bencana. “Saat ini ada fenomena hidrometeorologi, jadi kami himbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan sigap jika terjadi bencana,” tandasnya.***