Jabar Bahas Rencana Induk Transportasi Terpadu Metropolitan Rebana, Ini Skemanya

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat duduk satu meja dengan enam Dishub daerah membahas Rencana Induk Transportasi Terpadu dalam pembangunan kawasan strategis Metropolitan Rebana.

Keenam perwakilan daerah yang hadir dalam pembahasan Rencana Induk Transportasi Terpadu kawasan Metropolitan Rebana yakni dinas perhubungan dari Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, serta Badan Pengelola Transportasi Daerah Wilayah IX Jawa Barat.

Seperti diketahui keenam daerah ini plus Kabupaten Sumedang akan menjadi bagian dari pengembangan kawasan Metropolitan Rebana yang saat ini sudah terbit Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jabar Selatan.

Baca Juga: Aset Kripto Sebagai Komoditas yang Sil’ah Sah Diperjualbelikan Menurut MUI

Baca Juga: Dua Tahun Terhenti, Produk Kelautan dan Perikanan Jabar Kembali Digelar di Kota Bandung

Baca Juga:  Amankan Objek Wisata di Kota Bandung, Puluhan Personil Dit Pam Obvit Polda Jabar Diturunkan

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Koswara meminta kabupaten/kota aktif memberi masukan dalam penyusunan sistem transportasi yang baik di kawasan metropolitan.

“Komitmen dan kolaborasi dari kabupaten/Kota khususnya di Wilayah IV ini sangat di penting, agar Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana khsusunya dapat berjalan optimal,” kata Koswara dalam keterangan yang diterima di Kota Bandung, Jumat 12 November 2021.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Ulum Nantikan Kolaborasi dengan Kapolda Jabar yang Baru, Ini Katanya

Baca Juga: Dunia Hiburan Kembali Berduka, Rony Dozer Meninggal Dunia

Menurutnya, keselarasan program dan kewenangan di sektor transportasi harus dilakukan bersama -sama agar perannya bisa maksimal dalam mendorong perwujudan pembangunan transportasi daerah yang lebih baik. Terutama bagaimana menyelaraskan arah kebijakan dan kewenangan Pemerintah Pusat.

Koswara menyebut sejumlah permasalahan yang akan muncul dan perlu solusi. Yakni penanganan dan penertiban kendaraan besar dan kelebihan muatan atau ODOL (Over Dimension Over Load), ketersediaan rambu lalu lintas dan fasilitas lain, penertiban angkutan barang dan penumpang, jalur logistik dalam kawasan, sumber daya manusia, serta terminal, dan lain- lain.

Baca Juga:  HUT TNI Ke-72, Koramil 1906/Sukatani Gelar Kegiatan Karya Bhakti

Terhadap persoalan tersebut, katanya, perlu kesamaan regulasi dari pusat dan daerah. Perlu dan penting menerapkan pola berpikir sistemik dalam sektor transportasi, karena bukan hanya stakeholders internal tapi juga sektor lain akan mempunyai dampak pengaruh kepada kebijakan sektor transportasi.

“Maka dari itu Rebana wajib memiliki Rencana Induk Transportasi Terpadu yang bisa menjadi acuan setiap kabupaten/kota. Perlu disusun regulasi pengembangan transportasi terpadu di kawasan Rebana Metropolitan,” tuturnya.

Baca Juga: BBKSDA Jawa Barat Evakuasi 52 Ekor Hewan Dilindungi, Paling Banyak Jenis Primata

Baca Juga:  Wujud BUMN Hadir Untuk Negeri, DKM As-Salam PJT II Gelar Khitanan Massal

Baca Juga: Ijtima Ulama MUI Nyatakan Pinjaman Online Alias Pinjol Haram, Begini Penjelasannya

Untuk membangun sistem terpadu tersebut pemda perlu berkolaborasi dengan Polda Jabar dalam bentuk MoU. “Kami berharap jejaring kerja yang sudah terjalin dengan kepolisian dapat meningkatkan peran pelaksanaan kewenangan pemda dalam urusan perhubungan,” ucapnya.

Rencana Induk Transportasi Terpadu ini direspons positif oleh dishub kabupaten/kota yang diundang.

Baca Juga: Bikin Heboh, Nelayan Cari Ikan di Situ Ciburuy Padalarang Malah Dapat Benda Asing Ini

Baca Juga: Waduh! Gara-Gara Belum Vaksin, Warga di Ciamis Tak Bisa Menerima BLT Dana Desa

“Pertemuan harus dilaksanakan rutin tidak hanya dilakukan sekali saja. Rakor selanjutnya perlu membahas lebih terperinci lintas sektoral maupun lingkup perhubungan,” ujar Plt Kepala Dinas Perhubungan Subang Asep Setia Permana.***