Heboh Helm Jokowi saat Resmikan Sirkuit Mandalika, Ternyata Produk Lokal Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Baru-baru ini Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jokowi pun turut menjajal Sirkuit Mandalika pakai motor modifikasi.

Siapa sangka, setelah itu justru helm yang dipakai Jokowi menjadi heboh dan trendsetter di kalangan pecinta motor. Produksi helm tersebut ternyata berasal dari Kota Bandung dan menggunakan brand lokal.

Helm itu diproduksi oleh RSV helmet, yang tokonya berada di Jalan Cikutra, Kota Bandung. Tepatnya ialah di depan SOR Hoki Cikutra. 

Baca Juga: Soal Tantangan Besar Persib di Seri Ketiga Liga 1 2021, Ini Kata Robert Albert

Pemilik RSV helmet, Richard mengungkapkan bagaimana awalnya Jokowi menggunakan helm buatannya. Menurut dia, Jokowi memang menginginkan brand lokal untuk helm yang dipakai.

Baca Juga:  Tiga Pelaku Pengedar Pil Dextro Akhirnya Ditangkap Polres Bandung

“Ada teman kami yang memang orang dari Pak Jokowi. Dia meminta helm lokal dengan sejumlah spesifikasi, lalu saya kirim foto dan Pak Jokowi mau,” katanya, Minggu 14 November 2021.

Adapun kualitas atau kelebihan yang dimiliki RSV helm ini, katanya, dari motif dan berat helm. Selain itu, memang helm jenis tersebut  sudah sesuai standard nasional Indonesia (SNI).

Baca Juga: Tinjau Pembangunan KA Jalur Ganda KA Bogor – Sukabumi, Ini Pensan Menhub

“Bedanya sih hanya motif dan berat saja, kalau dengan helm yang lain, kualitas sudah SNI. Harga helm yang dipakai Pak Jokowi itu kisaran Rp 600 ribuan,” ujarnya.

Baca Juga:  Tarik Minat Wisatawan, Ridwan Kamil Berencana Bangun Infrastruktur Penunjang Pariwisata

Richard mengaku helm jenis tersebut memang banyak peminat dalam tiga bulan terakhir ini. Di tokonya saja, helm berjenis sama dengan yang digunakan Jokowi menyisakan satu helm yang terpajang di sana.

“Pastinya kami sangat senang helm buatan kami bisa dipakai orang nomor satu, ini kebanggaan tersendiri sebab enggak semua dapat kesempatan yang sama. Berharap ke depan brand-brand lokal bisa maju dan mampu bersaing,” katanya.

Baca Juga: Soal Fenomena Bus Kali Rasmi Mirip Awan, Ini Kata DLH Jabar

Meski jadi populer, Richard memastikan, helm dengan jenis yang sama dengan helm yang dipakai Jokowi tidak akan dinaikkan harganya, yakni tetap Rp600 ribuan.

Baca Juga:  Jadwal Buka Puasa hari ke 10 Puasa Untuk Kota Bandung

“Naik harga enggak mungkin, tapi enggak tahu kalau di marketnya. Jadi, kalau ada di toko lain naik, ya kami enggak tahu,” katanya.

“Yang jelas dari kami enggak akan naik. Produksi helm juga kami tergantung permintaan,” katanya.

Baca Juga: Faye Nicole Klarifikasi Caption ‘Karma Is Real’ yang Diduga Menyudutkan Vanessa Angel

Menurut dia, RSV helmet ini didirikan sejak 2016. Kini, pasar penjualannya sudah sampai ke Filipina dan Malaysia, serta sedang proses ke India dan Korea. (Yan)***