Revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi Batal, Bantuan Anggaran Rp110 Miliar pun Hangus

JABARNEWS | CIMAHI – Rencana revitalisasi Stadion Sangkuriang di Kota Cimahi yang digadang-gadang akan dilakukan di tahun ini akhirnya batal dilakukan. 

Pasalnya, tahapan lelang dan fisik Stadion Sangkuriang gagal terealisasi. Padahal, stadion kebanggaan warga Cimahi itu awalnya ditargetkan selesai tahun ini.

Imbas dari kondisi itu berakibat panjang, sebab bantuan anggaran dari Pemprov Jabar untuk perbaikan Stadion Sangkuriang sebesar Rp110 miliar dipastikan hangus. 

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Lidah Melepuh Akibat Makanan Panas

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi Chanifah Listyarini membenarkan hal tersebut.

Baca Juga:  Dorong Angka Partisipasi, Ketua DPRD Jabar: Gunakan Hak Pilih Dengan Baik

“Anggaran bantuan dari Pemprov itu hangus, kan gagal lelang, jadi gak bisa ditarik anggarannya. Pembangunannya aja belum, gimana provinsi mau transfer,” katanya, Minggu 5 Desember 2021.

Pemkot Cimahi semula bakal merevitalisasi Stadion Sangkuriang tahun ini dengan memanfaatkan bantuan anggaran dari Pemprov Jabar. 

Baca Juga: Pelaku Eksibisionis Siskaeee Ditangkap di Stasiun Bandung, PT KAI Angkat Bicara

Namun, pada kenyataannya revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi tidak bisa terealisasi tahun ini sebab gagal dalam proses lelang.

Untuk tahun ini Pemkot Cimahi dialokasikan mendapatkan anggaran sebesar Rp110 miliar dari total kebutuhan anggaran sebesar Rp273 miliar. 

Baca Juga:  Buruan Klaim Kode Redeem Free Fire 11 Agustus 2023, Ada Item Ini Buat Mabar

Sementara sisa anggarannya akan dibantu tahun 2022, dengan catatan berdasarkan progres pembangunan yang dilakukan di tahun 2022.

Baca Juga: Antisipasi Varian Omicron, Ini Berbagai Kebijakan Pengetatan yang Berlaku di Bandung

Menurutnya, dengan hangusnya bantuan anggaran dari Pemprov Jabar, maka Pemkot Cimahi hanya akan melakukan pemeliharaan Stadion Sangkuriang untuk tahun 2022. 

Pihaknya sudah mencantumkan anggaran sebesar Rp7,5 miliar dari APBD Kota Cimahi untuk pemeliharaan dan perbaikan benteng yang rusak. 

“Paling kita lakukan pemeliharaan, seperti perbaikan lapang, pagar, benteng-benteng yang sudah rusak dan membahayakan kita perbaiki, dan pemeliharaan lainnya,” kata dia. 

Baca Juga:  Kosong Nih, 71 SD Di Bandung Barat Tak Punya Kepala Sekolah

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Daun Seledri Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Diakuinya, untuk tahun 2022 cukup sulit untuk mendapat bantuan dari Pemprov Jabar maupun pemerintah pusat untuk revitalisasi Stadion Sangkuriang. 

Sebab anggarannya rata-rata sudah diketuk palu dan sebagian besar masih dialokasikan untuk penanganan pandemi COVID-19 yang masih belum selesai. 

“Kami tetap akan coba mengajukan proposal bantuan anggaran, seperti dari kementerian maupun dari provinsi. Tapi memang cukup berat karena semuanya sudah diketuk palu,” pungkasnya. (Yoy)***