Ragam Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan, Diantaranya Menghambat Pertumbuhan Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Asparagus memiliki bentuk menyerupai batang bambu dan berukuran kecil. Sayuran berwarna hijau dan putih ini dapat dikonsumsi langsung maupun diolah dengan cara ditumis atau dipanggang. Asparagus juga dapat dijadikan sebagai bahan campuran sup.

Selain itu ada beragam nutrisi yang terkandung di dalam asparagus membuat sayuran ini memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu berikut beberapa manfaat asparagus bagi kesehatan tubuh:

Baca Juga:  Siap-siap, Sanksi Menanti Bagi PNS Polres Sukabumi Yang Adang Ambulans

Pertama. Menjaga kesehatan pencernaan Asparagus mengandung inulin, yakni karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat ini dapat mencapai usus besar tanpa melalui reaksi enzimatis, sehingga dapat berfungsi sebagai probiotik.

Adanya inulin di dalam usus akan meningkatkan kehidupan mikroflora yang berguna untuk proses pencernaan. Mikroflora tersebut diantaranya bakteri Bifidobacterium sp. dan Lactobacillus sp.

Kedua. Mencegah penyakit kronis – Asparagus mengandung antioksidan, seperti vitamin C, flavonoid, dan polifenol. Berkat kandungan antioksidan tersebut, asparagus bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Baca Juga:  Polres Cirebon Kota Razia Makanan Kadaluarsa

Paparan radikal bebas yang tinggi diketahui dapat memicu kerusakan sel tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Ketiga. Mencegah pertumbuhan sel kanker – Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah kerusakan sel dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, kandungan antioksidan dalam asparagus baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Meski demikian, manfaat asparagus yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga:  AEON MALL Deltamas Mulai Beroperasi Hari Ini, Dani Ramdan: Jadi Magnet Baru Investor di Bekasi

Agar tercegah dari penyakit kanker, Anda tetap disarankan untuk menjalani pola hidup sehat, misalnya tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, mencukupi waktu istirahat, mengendalikan stres, serta memeriksakan kesehatan secara rutin ke dokter. (Red)