Rantai Motor Kalian Gampang Kendur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Rantai merupakan komponen vital pada sepeda motor, Rantai motor berfungsi menghubungkan tenaga mesin ke putaran roda belakang sehingga bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Namun, masih banyak yang lalai memperhatikan komponen ini sehingga rantai motor cepat kendur atau bahkan putus. Tentunya hal tersebut mesti kita waspadai agar hal semacam itu tidak terjadi pada kalian.

Baca Juga:  Ternyata Tiga Kebiasaan Buruk ini Bisa Jadi Penyebab Penuaan Dini

Oleh karena itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa penyebab rantai motor mudah kendor yakni:

Pertama. Proses Pengencangan Tidak Benar – Bisa jadi karena proses pengencangan tidak benar menyebabkan rantai motor menjadi lebih cepat kendor. Ketika dikencangkan, pastikan jarak kiri kanan arm sama.

Kalau beda bisa mengakibatkan gir depan dan belakang tidak center sehingga lama kelamaan mengalami aus dan menimbulkan suara gesekan rantai dengan gear. Hal tersebut bisa membuat rantai motor menjadi kendur bahkan putus.

Baca Juga:  Jelang Pilgub Jabar 2024, Hasil Survei Tunjukan Dedi Mulyadi Lebih Unggul dari Ridwan Kamil Soal Ini

Kedua. Gaya Pengendara – Penyebab rantai motor mudah kendor selanjutnya yakni Gaya ata Cara Pengendara. Perilaku pengendara menjadi pemicu rantai kendor, jika dijalankan, sering tarik ulur gas, akselerasi terus menerus secara mendadak.

Baca Juga:  Ratusan Rumah di Desa Karangligar Karawang Terendam Banjir

Mengendarai motor dengan cara stop and go pasti rantai motor akan ‘menarik’ gear dengan kekuatan besar. Dampaknya baut longgar dan mulai bergeser dari tempatnya.

Ketiga. Rantai Kering – Pelumas fungsinya adalah untuk meminimalisir gesekan. Ketika gesekan mini maka daya untuk saling tarik-menarik antar-rantai menjadi kecil sehingga licin, mudah berputar dan beban-nya kecil. (Red)