Resmikan Gedung ANNAS, SETARA Institute Sebut Walikota Bandung Intoleran

Resmikan Gedung ANNAS, SETARA Institute Sebut Walikota Bandung Intoleran

Pertama, SETARA Institute mengecam keras kehadiran Walikota dan aparatur negara di Kota Bandung serta dukungan mereka terhadap ANNAS.

Apa yang dilakukan oleh Walikota Bandung dan aparat pemerintah di Kota Bandung jelas merupakan keberpihakan nyata dan fasilitasi aktif kepada ANNAS yang, menurut data riset SETARA Institute, kerapkali menjadi pelaku pelanggaran kebebasan beragama/berkeyakinan pada kategori aktor non-negara.

Selain itu, pernyataan walikota dalam sambutannya, yang membingkai kelompok-kelompok yang menjadi objek gerakan ANNAS seakan “tidak diakui negara” merupakan pernyataan dan sikap intoleran.

Kedua, kehadiran dan apresiasi yang diberikan oleh Walikota Bandung telah menciderai rasa keadilan korban intoleransi, terutama Komunitas Syiah, yang secara berulang menjadi korban intoleransi dan pelanggaran atas kebebasan beragama/berkeyakinan oleh ANNAS.

Selain itu, Walikota juga telah memporak-porandakan agenda-agenda inklusi sosial dan penguatan kohesi sosial yang dengan kerja diupayakan jaringan masyarakat sipil dan komunitas lintas agama di Bandung.