Ridwan Kamil Beberkan Hubungan Erat Jabar-Aceh, Singgung Makam Pahlawan Cut Nyak Dien di Sumedang

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri pelantikan pengurus Majelis Adat Aceh Perwakilan Jabar periode 2022-2027 di Bandung, Minggu (26/6/2022) malam. (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, hubungan erat antara Provinsi Jabar dan Aceh sudah terjalin sejak lama, baik keterkaitan dari segi sejarah, budaya maupun pemerintahan.

Salah satu yang paling bersejarah adalah dimakamkannya pahlawan besar Aceh Cut Nyak Dien di Sumedang yang begitu dihormati oleh masyarakat.

Baca Juga:  Dewan Sebut Kinerja Pengawasan Inspektorat Kota Bandung Masih Kurang

Bagi Ridwan Kamil, Aceh memiliki hubungan emosional secara pribadi. Dari ratusan karya arsitektur Ridwan Kamil, Museum Tsunami Aceh adalah satu-satunya karya yang paling fenomenal karena dirancang dengan tetesan air mata.

Baca Juga:  Antisipasi Kesehatan Petugas, Puskesmas Kota Bandung Disiagakan saat Pemilu 2024

“Tak hanya secara budaya, sejarah dan pemerintahan, tapi Aceh punya hubungan secara pribadi dengan saya,” kata Ridwan Kamil dalam dalam keterangan persnya yang diterima, Selasa (28/6/2021).

Baca Juga:  Eril Belum Ditemukan Hingga Kini, Kemlu Swiss Sebut Pencarian Ini Jadi Prioritas

Ridwan Kamil menambahkan, hubungan baik kedua provinsi ini agar dimanfaatkan oleh warga Aceh yang menetap di Jabar. Dia berharap Jabar menjadi rumah kedua bagi warga Tanah Rencong.