Ridwan Kamil Beberkan Hubungan Erat Jabar-Aceh, Singgung Makam Pahlawan Cut Nyak Dien di Sumedang

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri pelantikan pengurus Majelis Adat Aceh Perwakilan Jabar periode 2022-2027 di Bandung, Minggu (26/6/2022) malam. (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, hubungan erat antara Provinsi Jabar dan Aceh sudah terjalin sejak lama, baik keterkaitan dari segi sejarah, budaya maupun pemerintahan.

Salah satu yang paling bersejarah adalah dimakamkannya pahlawan besar Aceh Cut Nyak Dien di Sumedang yang begitu dihormati oleh masyarakat.

Baca Juga:  Kampung Narkoba Desa Nagur Digerebek Polres Serdang Bedagai, Sembilan Pria Diamankan

Bagi Ridwan Kamil, Aceh memiliki hubungan emosional secara pribadi. Dari ratusan karya arsitektur Ridwan Kamil, Museum Tsunami Aceh adalah satu-satunya karya yang paling fenomenal karena dirancang dengan tetesan air mata.

Baca Juga:  Atalia Deklarasi Tolak Radikalisme Bersama Ratusan Ketua Osis Jabar

“Tak hanya secara budaya, sejarah dan pemerintahan, tapi Aceh punya hubungan secara pribadi dengan saya,” kata Ridwan Kamil dalam dalam keterangan persnya yang diterima, Selasa (28/6/2021).

Baca Juga:  Ruangan Asisten di Gedung Motor Bakar ITB Terbakar

Ridwan Kamil menambahkan, hubungan baik kedua provinsi ini agar dimanfaatkan oleh warga Aceh yang menetap di Jabar. Dia berharap Jabar menjadi rumah kedua bagi warga Tanah Rencong.