Ridwan Kamil Beberkan Tiga Syarat Indonesia Jadi Negara Adidaya, Apa Saja?

Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | YOGYAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meyakini bahwa berdasar pada posisi perekonomian Indonesia yang kini di peringkat 16 di antara negara-negara anggota G20, Indonesia bisa menjadi negara maju.

Menurut Ridwan Kamil, jika Indonesia bisa terus merawat perdamaian dan menghindari pertengkaran, dalam 10 tahun mendatang peringkat ekonomi Indonesia di G20 bakal menanjak pada posisi ke-10.

Baca Juga:  Bawaslu Jabar Sebut Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye oleh Ridwan Kamil Penuhi Syarat, Begini Penjelasannya

Kendati demikian, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa ada tiga syarat yang harus dipenuhi untuk wujudkan Indonesia menjadi negara adidaya pada tahun 2045.

Baca Juga:  Wisuda 1.500 Santri, Ridwan Kamil Sebut Wujud Generasi Qur'ani di Jabar

“Pertama, sumber daya manusianya harus berkualitas, tidak boleh ada stunting (tengkes). Stunting itu fisiknya tidak tumbuh otaknya lemah berpikir pasti besarnya jadi sasaran bansos (bantuan sosial), tangan di bawah yang menjadi beban negara ketimbang jadi ‘besi’ negara,” kata Ridwan Kamil di Yogyakarta, Selasa (5/4/2022) malam.

Baca Juga:  Hendak Dijual, Enam Ekor Sapi Milik Warga Majalengka Ini Malah Terpapar Penyakit PMK

Kedua, lanjut Ridwan Kamil, ekonomi di Indonesia harus berwujud ekonomi unggul yang terdiri atas ekonomi digital, ekonomi hijau, ekonomi kreatif, serta ekonomi hilirisasi Industri.