Ridwan Kamil Dorong Indonesia Swasembada Energi 2050, Ini Katanya

Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) yang juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dihadapan mahasiswa dan pelajar EMIR saat melakukan kunjungan kerja ke Banda Aceh, Minggu (26/12/2021). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDA ACEH – Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) yang juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, berdasarkan hasil penelitian, Indonesia akan mampu swasembada energi terbarukan dari angin, air, dan matahari, pada 2050.

“Hasil penelitian tahun 2050, Indonesia bisa swasembada energi dari angin, air, matahari, dan sebagainya. Pertanyaannya, mau apa tidak,” kata Ridwan Kamil dihadapan mahasiswa dan pelajar EMIR (Energi Milenial Indonesia Raya) saat melakukan kunjungan kerja ke Banda Aceh, Minggu (26/12/2021).

Baca Juga:  Pembelian Minyak Goreng Lewat Aplikasi PeduliLindungi akan Disinkronasikan dengan Program Pemirsa Budiman, Kata Ridwan Kamil

Menurut Ridwan Kamil, yang jadi kendala saat ini bukan dari sumber daya maupun teknologinya, melainkan kemauan. Dia berharap tahun 2050 Indonesia bisa menjemput 100 persen energi terbarukan tersebut.

Baca Juga:  Sistem PPDB 2023 Jabar Kembali Menuai Kontroversi

“Mau apa tidak itu kan political will. Jadi, saya doakan semoga tahun 2050 dengan kemauan politik, kita bisa menjemput 100 persen energi terbarukan,” ucapnya.

Baca Juga:  Resmi Diumumkan Ridwan Kamil, Ini Pemenang Tender TPPAS Legok Nangka

Ridwan Kamil menuturkan, energi terbarukan yang paling mudah dijemput oleh kaum milenial yaitu penggunaan motor listrik. Hanya dengan motor listrik, sudah lebih dari cukup membantu tren energi terbarukan pada masa depan.