Ridwan Kamil Ngaku Sudah Kucurkan Rp500 Miliar ke Kota Cirebon

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri peringatan Hari Jadi Ke-654 Kota Cirebon di Griya Sawala DPRD, Kota Cirebon, Rabu (19/7/2023).(Foto: Biro Adpim Jabar).

Gubernur juga mengapresiasi Cirebon menjadi kota terbaik dalam penanganan inflasi di Pulau Jawa – Bali. Menurutnya, keberhasilan ini berkat kerja sama, kekompakan, serta kondusivitas hubungan Wali Kota dengan Forkopimda.

“Pertumbuhan Cirebon melesat kemarin ke 5,1 persen. Pasti dengan ada Tol Cisumdawu dan pembukaan Bandara Kertajati, juga akan luar biasa, ” tambah Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Kepercayaan Polri Diujung Tanduk, Kapolri Sigit Diminta Tindaklanjuti Kasus Setoran Tambang Ilegal

Menurutnya, laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Cirebon sejalan dengan tren positif LPE Jabar  dari tahun ke tahun. Rasio kemiskinan Jabar pun menurut data terus berkurang. Pada 2023 tercatat 310.000 warga naik status dari miskin menjadi menengah.

Baca Juga:  Ekonomi Digital Capai 220 Miliar Dolar, Ridwan Kamil Minta Waspadai Dampak Negatif AI

“Penanganan kemiskinan terbaik di Pulau Jawa adalah Jabar, berkurang orang miskinnya 310 ribu orang dalam dua tahun terakhir. Jumlah terbanyak dari seluruh  provinsi di Pulau Jawa, artinya penanganan kemiskinan dengan berbagai program termasuk di Kota Cirebon sudah sangat berhasil. Tingkat kemiskinan turun jauh ke 7,6 persen, nasionalnya 9,3 persen,” jelas Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Duh! Kasus Penyalahgunaan Narkoba di Karawang Meningkat Selama 2023

Pada Hari Jadi Kota Cirebon, selain memgucapkan selamat Gubernur juga sempat pamit kepada Pemda Kota, DPRD, dan warga Cirebon karena akan mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur Jabar pada 5 September 2023.