Sebanyak 16 Hektar Lahan Disiapkan untuk Relokasi Warga Korban Gempa Cianjur, Tapi…

Gempa Cianjur
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau salah satu lokasi lahan relokasi bagi warga terdampak gempa di Kabupaten Cianjur. (Foto: Dok. BNPB).

Kemudian, lanjut Suharyanto, rumah yang lama akan dijadikan daerah resapan air dan daerah hijau, sehingga tidak dihuni lagi oleh masyarakat. Sebab, dikhawatirkan jika gempa terjadi lagi di situ, minimal korbannya tidak banyak.

Suharyanto bersama Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi beberapa titik lokasi terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Rabu (30/11/2022).

Baca Juga:  Pelayanan di Puskesmas Cikalongkulon Cianjur Dipastikan Berjalan Lancar Pasca Kebakaran Ruang Penyimpanan Obat

Adapun salah satu titik yang ditinjau ialah wilayah Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku yang merupakan lokasi relokasi bagi warga terdampak.

Kepala BNPB dan rombongan selanjutnya meninjau pembangunan contoh rumah tahan gempa yang akan dibangun oleh pemerintah. “Rumah Bapak, akan dijadikan contoh bagi warga, tipenya 36 rumah RISHA,” ucap Suharyanto saat berdiskusi dengan warga Desa Ciwalen Kecamatan Warungkondang.

Baca Juga:  Kerja di Arab Saudi, Saadah Warga Cugenang Cianjur 12 Tahun Tak Ada Kabar

Suharyanto mengatakan bagi warga yang rumahnya rusak ringan dapat sambil memperbaiki rumahnya, dan jika membutuhkan tenda keluarga, secara bertahap pemerintah akan layani dan lengkapi.

Baca Juga:  Kapolda Jabar Gandeng BPOM Terkait Oplosan