Sebanyak 186 Rumah Sakit Disiagakan Dinkes Jabar Pada Mudik Lebaran 2022

Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: Tribunnews).

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 186 rumah sakit di jalur mudik disiagakan Dinas Kesehatan Jawa Barat sebagai upaya pencegahan terjadinya masalah kesehatan pemudik selama arus mudik lebaran 2022.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kadinkes Jabar, Nina Susana Dewi. Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan beserta peralatan kesehatan, obat-obatan di 315 titik posko gabungan di jalur mudik dan balik di Jabar.

Baca Juga:  Erick Thohir: UMKM sebagi Ujung Tombak Perekonomian

Tak hanya itu, terdapat 186 Rumah Sakit siaga di jalur mudik yang ditopang 705 ambulans, petugas layad rawat, 104 motor ambulans yang siaga 24 jam.

Baca Juga:  Awas Hati-hati! BMKG Sebut Cuaca Ekstrem Berpotensi saat Masa Mudik Lebaran

“Kesiagaan itu pun termasuk juga berlaku pada rumah sakit di luar jalur mudik. Mereka harus siap karena mereka bisa jadi rujukan kedaruratan. Jadi, semua harus terima pasien,” katanya, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga:  Diprediksi, Puncak Peningkatan Kasus Omicron Varian BA.4 dan BA.5 di Indonesia Terjadi Juli Mendatang

Selain itu, terkait antisipasi penularan Covid-19, Dinkes juga menyiapkan layanan vaksinasi, PCR dan juga antigen. Sambung Nina, pihaknya siap untuk memenuhi kebutuhan kabupaten/kota selama mudik dan balik berlangsung.