Segini Besaran Bantuan Pemerintah Pusat Untuk Rumah Roboh Akibat Gempa di Cianjur

Gempa Cianjur
Fonder Aset Bangsa ID X Marhaenis Cianjur, Dody Nugraha, saat meninjau dan cek ke lapangan di sejumlah titik lokasi warga terdampak gempa bumi. (Foto: Mul/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Gempa Cianjur, Jawa Barat meluluhlantahkan rumah-rumah warga. Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung bergerak untuk memberikan bantuan tunai bagi warga Cianjur yang rumahnya mengalami kerusakan akibat musibah alam tersebut.

Bagi warga yang rumahnya rusak berat akibat gempa Cianjur mendapat bantuan Rp 60 juta, dari semula Rp 50 juta. Sementara itu, bantuan untuk rumah rusak sedang ditambah dari awalnya Rp 25 juta menjadi Rp 30 juta. Kemudian, rumah rusak ringan ditambah dari Rp 10 juta menjadi Rp 15 juta.

“Hari ini tadi telah diserahkan kurang lebih 8.100 bantuan untuk Bapak, Ibu semuanya. Yang bantuannya sebesar untuk rusak berat Rp 50 juta, untuk rusak sedang Rp 25 juta, dan untuk yang rusak ringan Rp10 juta,” kata Jokowi di hadapan para warga terdampak gempa Cianjur Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

Dia mengatakan nominal bantuan tersebut sama dengan yang diberikan pemerintah kepada terdampak gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Palu Sulawesi Tengah. Namun setelah berbincang dengan Menteri Keuangan, Jokowi memutuskan memberikan tambahan bantuan untuk warga terdampak gempa Cianjur.

“Tadi malam saya hitung-hitung lagi. Tadi pagi saya sudah juga menyampaikan ke Menkeu, ada uang atau tidak. Ternyata ada sedikit. Sehingga saya putuskan, yang Rp 50 juta akan menjadi Rp 60 juta. Yang Rp 25 juta akan Rp 30 juta, yang Rp 10 juta akan menjadi Rp 15 juta,” jelas Jokowi lagi.