Selama Beberapa Hari, Puluhan Bencana Landa Purwakarta

BPBD Purwakarta
BPBD Purwakarta saat mengevakuasi rumah warga yang tertimpa pohon tumbang di Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. BPBD Purwakarta).

Adapun yang paling diantisipasi, lanjut dia, itu bencana alam longsor dan pergerakan tanah. Untuk tanah longsor sendiri, hasil pemetaan jajarannya itu berpotensi terjadi di seluruh kecamatan yang ada.

Hanya saja, dari 192 desa/kelurahan yang ada di 17 kecamatan itu terbagi menjadi dua kelas. Yakni, sebanyak 38 desa masuk dalam kelas risiko longsor sedang, serta 154 termasuk ke kelas risiko rendah.

Baca Juga:  Satres Narkoba & Pelajar Purwakarta Sepakat Nyatakan Perang Terhadap Narkoba

“Yang tinggal di perbukitan dan juga dekat dengan bantaran aliran sungai atau tebing ini juga berhati-berhati, karena memang saat ini intensitas hujan sudah cukup tinggi, terlebih wilayah Kiarapedes, Bojong, Pondoksalam kemudian juga kita mewaspadai pergeseran tanah di Panyindangan dan Tegalwaru,” ujar Abah Erlan.

Baca Juga:  Waduh! Jutaan Ikan di Waduk Jatiluhur Mati, Diduga Karena Ini

Selain itu, ia juga menghimbau kepada pengguna jalan untuk lebih hati-hati. Mengingat saat ini, Kabupaten Purwakarta suddah dilanda hujan disertai dengan angin kencang.

Baca Juga:  Selain Gery Iskak Polisi Amankan Perempuan Berinisial SP, Kabid Humas: Dia Puya Peran Penting

“Bisa saja terjadi pohon runtuh. Selain itu dihimbau kepada masyarakat untuk tidak memarkirkan kendaraan di bawah pohon besar,” katanya. (Gin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News