Selama Beberapa Hari, Puluhan Bencana Landa Purwakarta

BPBD Purwakarta
BPBD Purwakarta saat mengevakuasi rumah warga yang tertimpa pohon tumbang di Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. BPBD Purwakarta).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam beberapa hari lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mencatat telah terjadi bencana alam yang terjadi di beberapa titik.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purwakarta, Heryadi Erlan menyebutkan bahwa ada 29 bencana alam yang terjadi di Kabupaten Purwakarta selama beberapa hari kebelakang.

Baca Juga:  Wujudkan Sila Kelima Pancasila, Purwakarta Luncurkan ATM Beras

“Saat ini Kabupaten Purwakarta sudah memasuki musim penghujan. Terkait hal itu, kami juga sudah mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Adapun untuk bencana alam yang terjadi pada awal Desember 2023 ini, diantaranya adalah sembilan pohon tumbang, empat angin kencang, tujuh longsor atau pergeseran tanah dan sembilan bangunan ambruk,” ujar pria yang kerap dipanggil Abah Erlan itu, Pada Kamis 7 Desember 2023.

Baca Juga:  Kasus Pengeroyokan yang Mengakibatkan Satu Pemuda di Purwakarta Tewas Diduga Oleh Geng Motor

Dirinya menyampaikan, Kabupaten Purwakarta juga menjadi bagian daerah dengan ‘Status Siaga Darurat Banjir, Banjir Bandang, Cuaca Ekstrem, Gelombang Ekstrem dan Abrasi serta Tanah Longsor di Provinsi Jawa Barat.’

Baca Juga:  Ribuan Petani di Bandung Terima Bantuan sebesar Rp500 Ribu per Orang

Dengan status itu, Abah Erlan menjelaskan, pihaknya telah menguatkan komunikasi dengan seluruh pihak terkait sebagai langkah antisipasi guna meminimalisasi dampak yang timbul dari bencana alam di pergantian musim ini. Sebab, potensi bencana seperti banjir, langsor, dan pohon tumbang masih mengintai wilayahnya.