Seperti Ini Rumah Dinas Kepsek dan Guru SD di Pangandaran

JABARNEWS | PANGANDARAN – Kondisi rumah dinas di Desa Panyutran, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran memprihatinkan. Lokasi yang berada di pegunungan itu memiliki tiga sekolah dan rumah dinasnya perlu mendapatkan perhatian pemerintah.

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Padaherang, Endang Mulyono, mengatakan, tiga sekolah di Desa Panyutran itu berada di lokasi terpencil. Sehingga, kondisi sekolah maupun rumah dinas yang diperuntukkan guru maupun kepala sekolah luput dari perhatian pemerintah.

Baca Juga:  Siang Ini Driver Ojol Gelar Demo Besar-Besaran di Jakarta

’’Di Desa Panyutran ada tiga sekolah dan rumah dinas. Nah untuk rumah dinas itu kondisinya memprihatinkan dan membutuhkan perhatian dari pemerintah,” katanya.

Kepala SDN 1 Panyutran, Saefudin mengatakan, di sekolahnya terdapat dua bangunan rumah dinas yang kondisinya memprihatinkan yang sudah lapuk dimakan usia.

’’Rumah dinas ini warisan saat masih masuk Kabupaten Ciamis. Kami harap ini bisa diperhatikan pemerintah. Soalnya, untuk datang ke sekolah harus menempuh jarak yang jauh, begitu juga para guru yang harus melintasi jalan yang rusak,” katanya.

Baca Juga:  Fishki, Keripik Kulit Ikan Asal Purwakarta Siap Tembus Pasar Dunia

Saefudin menambahkan, rumah dinas yang berukuran 7 x 5 meter itu berdiri di atas tanah milik Desa Panyutran dan keduanya tersebut terakhir diperbaiki 2008. ’’Dari tahun itu samapi saat ini belum ada lagi perbaikan,” pungkasnya.

Di lokasi terpisah, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Parigi, Kemal, mengatakan, dari 34 SD yang ada di lingkungannya tidak ada satupun rumah dinas. Meski ada, itu juga kondisinya sangat memprihatinkan, sehingga tidak bisa ditempati.

Baca Juga:  Tasikmalaya Diguyur Hujan Deras, Kampung Naga Diterjang Banjir

’’Kita harap rumah dinas yang ada di daerah pegunungan agar diperhatikan pemerintah. Hal itu bertujuan agar kepala sekolah maupun guru yang lokasinya jauh dari rumah memanfaatkan rumah dinas tersebut,” katanya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat