Setiawan Wangsaatmaja: Esports Jadi Cabang Olahraga Prospektif

Setiawan Wangsaatmaja
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat menghadiri Pembukaan Esports Piala Gubernur Jabar di Hotel Harris Festival Citylink, Kota Bandung, Senin (12/6/2023). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan bahwa esports merupakan cabang olahraga (cabor) prospektif sebagai olahraga prestasi.

Dia menyebutkan bahwa hal tersebut sudah dibuktikan dengan kesuksesan Indonesia menjadi juara umum cabor esports di SEA Games Kamboja. Dalam ajang tersebut, Indonesia meraih tiga medali emas dan dua medali perak dari cabor esports.

Baca Juga:  Bangkitkan Sektor Wisata, Ridwan Kamil Targetkan 40 Juta Wisatawan ke Jabar

“Olahraga ini mengandung banyak filosofi. Keterampilan sudah pasti. Fisik, kesehatan, juga harus dibina, karena mereka harus berkonsentrasi,” kata Setiawan dalam Pembukaan Esports Piala Gubernur Jabar di Kota Bandung, Senin (12/6/2023).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Ingatkan Jangan Lakukan Politisasi Agama Jelang Pemilu 2024

Dia menjelaskan, Esports Piala Gubernur Jabar menjadi salah satu upaya untuk menjaring atlet esports potensial dari Jabar. Selain itu, penguatan infrastruktur, pembinaan, dan kompetisi, perlu dilakukan secara optimal untuk mencetak atlet esports Jabar dari semua daerah.

Baca Juga:  Dilepas Kajari Purwakarta, 150 Pemudik Pulang Kampung Gratis

“Kalau kita ingin menjaring lebih banyak di level yang bukan hanya di perkotaan, artinya infrastruktur terkait dengan internet dan lain sebagainya harus diperbanyak sampai ke level desa,” jelasnya.