Setiawan Wangsaatmaja Jadi Sekda Provinsi dengan Kepemimpinan Digital Terbaik

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat menerima penghargaan di Grand Ballroom JIEXPO Jakarta, Kamis (27/7/2023). (Foto: Istimewa).

Menurut Setiawan, Pemda Provinsi Jabar membangun Jabar Supper Apps untuk urusan pemerintahan maupun pelayanan publik. Jabar Supper Apps mewadahi berbagai aplikasi yang memudahkan pelayan publik, mulai dari urusan perpajakan, layanan kesehatan, sampai kependudukan.

“Program-program (terkait digital) sudah banyak. Secara garis besar membuat dua line, satu untuk pemerintahan dan itu untuk ASN di antaranya. Kedua, layanan untuk publik,” kata Setiawan.

Baca Juga:  Herman Suyatman: Jabar Tetap Lanjutkan TPK Sarimukti untuk Bandung Raya

“Kita berhasil mengintegrasikan misalkan untuk layanan pemerintahan kita cukup memasukkan NIP (Nomor Induk Pegawai) kita. Sedangkan untuk publik, masukan NIK,” imbuhnya.

Baca Juga:  Walah! Jabar Kehilangan Lahan Hijau Seluas 300 Hektar per Tahun

Dengan inovasi berbasis digital, kata Setiawan, indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Jabar pun terangkat. Ada delapan aspek SPBE yang dipenuhi Jabar, antara lain kebijakan internal terkait tata kelola SPBE, perencanaan strategi SPBE, penerapan manajemen SPBE, dan layanan publik berbasis elektronik.

Baca Juga:  Minta Peningkatan Iklim Usaha, Edwar Zulkarnain Ingin HIPMI Purwakarta Jaga Kamtibmas

“Jadi ada delapan unsur nilai SPBE dan Jawa Barat sebetulnya sudah berhasil dan kita pun membina untuk kabupaten dan kota,” ucapnya.