Setiawan Wangsaatmaja Paparkan Kondisi Ketahanan Pangan di Jabar, Ini Kabar Baiknya

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja dalam West Java Investement Summit (WJIS) 2022, di The Trans Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (5/10/2022). (Foto: Istimewa).

Sementara permasalahan pada kebijakan ketahanan pangan, ditemui masih rendahnya perlindungan bagi para petani, serta modal kerja terbatas.

Adapun strategi untuk pemenuhan kebutuhan pangan, Jabar telah menetapkan sejumlah kebijakan ketahanan pangan. “Di antaranya seperti peningkatan kapasitas produksi pertanian, pengembangan lahan pertanian, dan memperluas area tanam,” ucap Setiawan.

Baca Juga:  Segera Digitalisasi Pengelolaan Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung

Kebijakan selanjutnya, yakni diversifikasi pertanian, termasuk diversifikasi pangan lokal, hingga pemanfaatan pekarangan rumah dan lahan tak terpakai untuk pertanian.

Selanjutnya yakni penguatan cadangan dan sistem logistik pangan, dengan pembangunan lumbung pangan mandiri berbasis desa, serta penguatan sistem logistik pangan untuk stabilitas pasokan dan harga pangan.

Baca Juga:  bank bjb Raih Apresiasi Editor Choice 2.0, Sebagai  Agen Pembangunan di Jawa Barat

Tak kalah penting yakni pengembangan pertanian dan peternakan modern. “Dengan pengembangan smart farming, koperasi petani, pemanfaatan teknologi digital, juga peningkatan produksi untuk peternakan,” ucap Setiawan.

Baca Juga:  PKS Jabar Serahkan 120 Berkas BCAD, Diisi 50 Persen Wajah Baru