Setiawan Wangsaatmaja Paparkan Kondisi Ketahanan Pangan di Jabar, Ini Kabar Baiknya

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja dalam West Java Investement Summit (WJIS) 2022, di The Trans Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (5/10/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja memaparkan kondisi sejumlah bahan pokok di Jabar. Misalnya beras, daging ayam, jagung, cabai rawit, cabai merah, hingga bawang merah, ada pada kondisi surplus dimana ketersediaannya lebih besar dari pada kebutuhan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Imbau Warga Diam di Rumah saat Libur Imlek, Ini Alasannya

Sementara gula pasir, daging sapi, dan minyak sayur, juga pada kondisi aman dengan jumlah ketersediaan yang lebih banyak dari pada kebutuhan masyarakat. Adapun telur, dan bawang putih ada pada kondisi defisit, yang mana kebutuhan lebih besar dibanding ketersediaan.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Harap Vaksinasi Booster Bisa Putus Mata Rantai Covid-19

Sekda Setiawan menuturkan bahwa ketahanan pangan di Jabar juga dipengaruhi sejumlah faktor. Seperti misalnya kondisi lahan dan topografi.

Apalagi, lanjut dia, saat ini lahan pertanian berebut dengan pesatnya perkembangan industri dan perumahan.

Baca Juga:  KPU Jabar Imbau Parpol Segera Selesaikan Proses Pengajuan BCAD Melalui Silon

Kondisi ini ditambah mayoritas kepemilikan lahan dan ternak yang rendah. Sehingga pengembangan area budidaya menjadi terbatas.