Soal Kesehatan Masyarakat, Bambang Tirtoyuliono Minta Jajaran OPD di Kota Bandung Perhatikan Lima Hal Ini

Bambang Tirtoyuliono
Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono meminta jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperhatikan strategi dalam meningkatkan indeks kesehatan masyarakat.

Adapun strategi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2024-2026 antara lain: menurunkan angka kematian Ibu, menurunkan angka kematian bayi, menurunkan prevalensi stunting, menurukan angka kejadian penyakit, serta meningkatkan indeks kepuasan masyarakat.

Baca Juga:  Inilah Bahayanya Jika Anda Kurang Minum Air Putih Saat Berbuka Dan Sahur

Menurut Bambang, strategi ini sejalan dengan isu kesehatan nasional, yang antara lain meliputi kesehatan reproduksi ibu dan anak, perbaikan gizi masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, memberdayakan gerakan masyarakat hidup sehat, serta memperkuat sistem kesehatan.

Baca Juga:  Ini Langkah KPU Kota Bandung Antisipasi Kerusakan Logistik Pemilu 2024 saat Musim Hujan

“Isu nasional ini penting untuk kita perhatikan. Dan saya melihat dari RPD Kota Bandung. Strategi kita sejalan dengan isu nasional,” ujar Bambang saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Kesehatan Masyarakat di Bandung, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga:  Teror Ular Berlanjut, Seorang Warga di Purwakarta Dilarikan ke RSUD

Ia menekankan, urusan kesehatan di Kota Bandung bukan semata-mata menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan, melainkan seluruh pihak. Salah satunya jajaran kewilayahan sebagai garda terdepan pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat.