Soal Pembangunan Lima Danau Pengendali Banjir di Kabupaten Bandung, Ridwan Kamil Bilang Begini

Gubernur Jabar Ridwan Kamil di SMA Negeri 1 Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Senin (18/4/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Lahan untuk membangun danau tersebut merupakan hasil konsolidasi dari lahan milik swasta yang diwajibkan sebesar 10 persen untuk kepentingan fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Ridwan Kamil menginginkan dalam pembangunannya nanti danau harus multifungsi tak hanya sebagai pengendali banjir, melainkan juga menjadi sumber air baku, penghasil energi terbarukan, dan destinasi wisata baru.

Baca Juga:  Ini Penjelasan BMKG Soal Gempa Cianjur

“Parkir air disini harus multifungsi, yaitu pengendali banjir, sumber air baku, destinasi wisata baru dan menghasilkan energi listrik. Jadi visualnya tempat wisata, padahal pengendali banjir. Saya dukung lahir batin,” tuturnya.

Baca Juga:  PWI Pusat Sesalkan, Satpol PP Segel Kantor PWI Sulsel

Pemda Provinsi Jabar akan mendukung pembangunan lima danau tersebut dari sisi anggaran, maupun konsepnya. Sejauh ini nilai dan alokasi anggaran pembangunannya masih dihitung.

Baca Juga:  Tim SAR Temukan Dua Bocah Hanyut di Sungai Batang Ayumi Padang Sidempuan

“Anggaran sedang dihitung apakah nanti dari BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), Provinsi atau gabungan dengan Kabupaten,” ucapnya.