Tanggul Jebol, Ribuan Rumah Terrendam

JABARNEWS | BANDUNG – Diduga akibat tanggul jebol di perumahan Adipura, Kel Rancabolang, Kec Gedebage, ribuan tepatnya 1800 rumah di 3 RW yakni di RW 08, 09, dan 10 atau cluster Palem, Pinus, dan Tulip terendam air hingga ketinggian lutut orang dewasa.

Data yang diperoleh Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, korban terendam air itu yakni warga di cluster Palem (RW 08) terdiri dari 5 RT sekitar 250 kepala keluarga (KK) dihuni sekitar 800 jiwa. Di cluster Pinus (RW 09) terdiri dari 5 RT sekitar 250 KK dihuni sekitar 700 Jiwa. Dan di cluster Tulip (RW 10) terdiri dari 5 RT sekitar 300 KK dihuni 900 Jiwa.

Baca Juga:  Informasi Jadwal Imsak Hari Ke-29 Untuk Wilayah Kota Bandung

Salah seorang petugas keamanan perumahan Adipura, Amang, menyampaikan tanggul jebol terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, Jumat (23/2/2018). Kala itu warga mengira tanggul sudah diperbaiki namun ternyata hingga sore hari masih rusak sehingga air dari sungai Cinambo tumpah ke perumahan. Sore harinya warga melapor ke Diskar PB.

Baca Juga:  Plt Bupati Cianjur Tegaskan Bantuan KPM Jangan Disunat

“Tanggul itu berumur 4 tahun, ya masih baru. Warga mengira sudah ada yang memperbaiki,” jelas Amang.

Kepala Diskar PB Ferdi Legaswara, menyampaikan menerima informasi tanggul jebol selebar 10 meter itu pukul 18.38 WIB. Pihaknya langsung menerjunkan 1 Unit Quick Response, 1 Unit Pancar, 1 Unit Penyelamat dan 3 Unit Komando.

Baca Juga:  Simak! Inilah Syarat Calon Ketua Ika Unpad

“Sampai dilokasi tim melakukan pengamatan dan melakukan koordinasi dengan warga sekitar untuk melakukan penanganan. Selanjutnya melakukan penyedotan genangan air,” jelasnya.

Kendati tak ada korban jiwa namun kerugian material dialami warga karena rumahnya terrendam air. Sehingga peralatan rumah tangganya basah kuyup. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat