Ternyata Menguap Memiliki Manfaat Baik Bagi Kesehatan Otak

JABARNEWS | BANDUNG – Kita ketahui bersama bahwa menguap dianggap sebagai tanda seseorang yang sedang mengantuk. Namun tahukah Anda bahwa menguap dapat menjadi tanda hal lain?

Menguap ternyata karena otak sedang mengalami suhu yang sangat tinggi dan butuh didinginkan. Fungsi menguap adalah untuk mendinginkan otak. Para peneliti dari Princeton University, Amerika Serikat menemukan bahwa menguap dengan lebar dapat mengurangi suhu dari otak dan mencegahnya dari kepanasan. Sesuai dengan penelitian, menguap mendinginkan otak melalui pertukaran panas dengan udara dingin, yang masuk ke dalam. Sistem ini rupanya tak akan bekerja ketika cuaca sedang dalam kondisi panas.

Hal ini pun menjelaskan mengapa banyak orang yang susah berkonsentrasi dan jadi bingung saat cuaca sedang sangat panas. Orang akan jadi lebih mudah emosi dan marah-marah karena cuaca yang tidak bersahabat. Ini karena otak juga memiliki cara yang terbatas untuk pendinginan.

Baca Juga:  Tabrak Pick Up, Truk Di Tol Medan-Tebing Tinggi Terbalik

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat menguap yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya, di antaranya yaitu:

  1. Meningkatkan Aliran Darah Ke Otak

    Para peneliti menemukan bahwa menguap dapat mendinginkan otak sehingga meningkatkan gairah serta efisiensi mental. Tak hanya itu, menguap juga bertindak sebagai stimulan sistem saraf. Dengan begitu, tak heran jika para ahli mengatakan bahwa menguap memiliki efek yang serupa dengan kafein, dalam konteks meningkatkan aliran darah ke otak.
  2. Meredakan Ketidaknyamanan Telinga

    Punya masalah dengan kenyamanan telinga? Beberapa ketidaknyamanan yang terjadi pada telinga, misalkan karena perubahan ketinggian pada pesawat terbang dan bahkan karena penggunaan lift dapat kamu kurangi dengan menguap. Cara yang cukup asik, bukan? Ini karena menguap adalah refleks pertahanan telinga selama perubahan ketinggian yang cepat atau kondisi lainnya. Pasalnya, menguap membantu menyamakan tekanan udara di telinga.
  3. Meningkatkan Sirkulasi Oksigen Dalam Otak

    Saat kamu menguap, akan ada lebih banyak oksigen yang tersedot ke dalam tubuh. Setiap kali kamu menguap, oksigen akan lebih banyak masuk ke dalam paru-paru sekaligus membantu menyingkirkan karbondioksida. Banyaknya oksigen dalam tubuh tentu saja berkontribusi pada baiknya sirkulasi oksigen dalam otak.
  4. Menjadi Tanda Cinta

    Terdengar sedikit nyeleneh memang, hanya saja berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Amerika tahun 2011 lalu menunjukkan hal demikian. Penelitian tersebut melibatkan 23 simpanse yang menonton video. Video tersebut berisi orang yang familiar dengan simpanse tersebut menguap dan orang asing yang menguap. Hasilnya, simpanse lebih banyak menguap saat menyaksikan orang yang familiar dengannya menguap. Hal ini membuktikan bahwa menguap tersebut menular selain juga menunjukkan tingkat simpati seseorang.

Itulah tadi beberapa manfaat menguap yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari The Health Site

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Ratusan Botol Miras Ditemukan dalam Rumah di Mangkubumi Tasikmalaya