Tidak Ada Desa Tertinggal, Wagub Jabar Apresiasi Pemkab Cirebon

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum usai membuka Gebyar Desa dalam rangka “Barikan Akbar Gegesik” (foto : Abdul Rohman/Jabarnews)

“Misalkan Pemprov memiliki kekuatan anggaran 30 persen dan kabupaten/kota punya 70 persen, maka kolaborasi akan berjalan dengan baik. Contohnya sekarang untuk program Desa Tertinggal, berkat kolaborasi Pemprov Jabar dan Pemkab Cirebon yang nyambung akhirnya hilanglah Desa Tertinggal, “katanya.

Mengenai pagelaran budaya di Gegesik, Wagub juga sangat mengapresiasi. Menurutnya, di wilayah Jawa Barat khususnya Gegesik ini sangat banyak kesenian yang perlu dilestarikan.

“Kita harapkan pelestarian budaya ini bukan hanya sekedar jadi hiburan yang dinikmati, tetapi yang jauh lebih penting adalah kesenian dan budaya asli ini bisa dijadikan pilar untuk mencegah budaya asing yang tidak sesuai dengan adat kita, “katanya.

Disinggung bantuan untuk wilayah Kabupaten Cirebon khususnya Gegesik ini, Wagub menegaskan dirinya akan segera memberikan laporan kepada Gubernur. Namun, dirinya juga sudah membuat catatan, yang nantinya bisa ditindaklanjuti oleh dinas terkait di Pemprov Jabar.

“Untuk Dinas Pendidikan ini nanti akan kita minta agar di wilayah Gegesik ada muatan lokal (mulok) kesenian. Dinas Pertanian nanti akan membuat irigasi desa, Dinas Pariwisata untuk eksistensi kesenian dan juga BJB agar bisa memberikan bantuan bagi UMKM disini melalui Kredit Mesra, “ujarnya.