Tiga Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat

JABARNEWS | BANDUNG – Dibandingkan dengan kucing anggora, Tentunya kucing kampung sering disepelekan karena dinilai kurang menawan dari soal penampilan. Salah satunya karena bulunya yang kurang lebat.

Namun siapa sangka, Kucing kampung bisa memiliki bulu yang lebat dan menawan dengan cara perawatan yang benar. Tentunya hal tersebut banyak orang yang belum diketahuinya.

Oleh sebab itu, berikut beberapa cara perawatan kucing kampung agar memiliki bulu lebat dan menawan yakni:

Baca Juga:  Mudahkan Warga Jabar Tukar Pecahan Uang Kecil, BI Jabar Hadirkan Layanan Serambi Rupiah Ramadan

Pertama. Rutin Dimandikan – Kucing sebenarnya melakukan self-grooming alias membersihkan dirinya sendiri. Tapi jika ingin kucing kampung memiliki bulu yang indah, memandikannya adalah agenda wajib setiap minggunya.

Selain membantu menghilangkan kotoran yang menempel di tubuh anabul, juga mencegah bulunya rontok parah. Pilih sampo khusus untuk membersihkan bulu hewan peliharaanmu sekaligus merangsang pertumbuhan bulu agar semakin lebat dan halus.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kabupaten Purwakarta Besok, Jumat 29 Juli 2022

Kedua. Rutin Menyisir – selain memandikannya, menyisir bulu kucing kampung wajib dilakukan untuk membantu menghilangkan bulu yang mati, agar tidak tertelan saat melakukan self-grooming.

Lakukan minimal seminggu sekali, misalnya sebelum dan sesudah dimandikan. Bukan hanya mencegah kerontokan rambut, cara inipun merangsang rambut agar tumbuh lebih lebat dan berkilau.

Ketiga. Jangan Biarkan Kucing Stres – Seperti manusia, kucing pun bisa mengalami gangguan kesehatan saat mengalami stres. Tekanan darahnya akan meningkat dan menyebabkan terhambatnya penyerapan nutrisinya, sehingga berdampak pada kerontokan bulu yang cukup parah.

Baca Juga:  80 Persen Kelurahan di Kota Bandung Berstatus Zona Hijau, Dinkes: Kasus Covid-19 Sangat Landai

Selain bulunya yang rontok, anabul juga menunjukkan gejala seperti penurunan nafsu makan hingga mendadak agresif. Solusinya, berikan cukup perhatian dengan mengajaknya bermain, menyisir bulunya, hingga mencoba mengatasi sumber stres seperti meminimalkan perubahan yang mendadak di rumah. (Red)