Tim Arkeolog Lakukan Pemugaran Masjid Kuno Bondan Indramayu

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, saat membersihkan momolo masjid bondan. (Foto: Abdul Rohman/JabarNews).

JABARNEWS I CIREBON – Tim Arkeolog Dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX Jawa Barat, bersama tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu melakukan pemugaran terhadap Objek Cagar Budaya (OCB) Masjid Kuno Bondan di Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang.

Diketahui Konservasi OCB ini dilakukan dengan melakukan treatment atau perawatan terhadap memolo masjid yang diperkirakan berusia ratusan tahun. Perawatan dengan menggunakan bahan kimia ini untuk memutus rantai organisme yang tumbuh di artefak tersebut.

Baca Juga:  Tiga Hari Pencarian, Petugas Evakuasi Satu Jenazah Awak KM Luragung di Cantigi Indramayu

Ketua Tim Konservasi Masjid Bondan, Sonny Prasetya Wibawa mengatakan langkah konservasi dengan cara menghilangkan mikroorganisme yang ada agar obyek cagar budaya berupa memolo ini dapat bertahan lama. Tim juga membersihkan cat yang menempel di obyek tersebut.

Baca Juga:  Polisi di Indramayu Kembali Ringkus Pengedar Sabu, Begini Kronologinya

“Kita akan bersihkan dulu memolonya dari mikroorganisme dengan menggunakan bahan bahan kimia. Tujuannya agar memolo yang terbuat dari gerabah ini dapat bertahan lama,” kata Sonny kepada media, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga:  Remaja yang Terseret Arus di Pantai Indramayu Belum Ditemukan, Tim SAR Sebut Terkendala Cuaca

Sementara itu, dijelaskan Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu Uum Umiyati mengatakan pemugaran masjid Kuno Bondan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kabupaten Indramayu dalam upaya menjaga dan melestarikan tinggalan tinggalan budaya yang ada di kabupaten Indramayu.