Tol Cisumdawu Belum Sempurna untuk Jalur Mudik, Ini Alasannya

Tol Cisumdawu
Jalan Tol Cisumdawu seksi 4, 5 dan 6 akan beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran 2023. (Foto: Kemenhub).

JABARNEWS │ BANDUNG – Pemerintah menegaskan Tol Cisumdawu sudah bisa digunakan sebagai jalur mudik Lebaran Idul Fitri 1444 hijriah. Namun demikian, jalan tol yang menghubungkan Cileunyi hingga ke Dawuan tersebut masih dibatasi penggunaannya.

Menurut Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Wibowo, pembangunan Tol Cisumdawu hingga saat ini belum sempurna 100 persen. Atas alasan tersebut, penggunaan Tol Cisumdawu untuk jalur mudik masih dibatasi.

Baca Juga:  Tol Cisumdawu Siap Beroperasi Jelang Nataru 2023

Kata Wibowo, pemudik hanya bisa menggunakan tol hingga Gerbang Tol Ujungjaya, tepatnya kilometer 216. Selain itu, Tol Cisumdawu pun hanya bisa diakses mulai pukul 06.00 hingga 15.00 WIB.

Baca Juga:  Geger! Warga di Cileunyi Temukan Mayat Bayi Dibalut Kain Kafan dan Dibungkus Plastik

Masih menurut Wibowo, saat ini jalur yang bisa digunakan baru dua jalur A dan B. Dua jalur itu pun baru sampai ke gerbang Tol Cimalaka di KM 186. Setelah itu jalur yang bisa dipakai baru jalur A saja hingga GT terakhir yang menembus ke Tol Cipali.

Baca Juga:  Waduh! Produksi Sampah di Kota Bandung Capai 1.200 Ton per Hari

“Dari pihak BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) akan mengfusionalkan sisa ruas tol lanjutan dari KM 186 ke KM 216 hingga bertemu di KM 152 Tol Cipali,” ujar Wibowo, Rabu (12/4).