Universitas Langlangbuana Dorong UMKM Di Jatiluhur Garap Produk Olahan Ikan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Mahasiswa Universitas Langlangbuana (Unla) yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) menggelar Seminar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan mengangkat tema “Peningkatan kerjasama sinergi pemerintah, BUMN dan akademisi dalam peningkatan perekonomian masyarakat melalui UKM berbasis potensi lokal”. Semenar ini bertempat di Aula Kantor Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Kamis (23/8/2018).

Perwakilan rektor Universitas, Dr H Mumun Syahban, mengatakan sinergitas Pemerintah, BUMN dan akademisi yang digalakkan dalam KKNM ini membuat program peningkatan perekonomian masyarakat melalui UKM berbasis potensi lokal dapat berjalan.

Baca Juga:  Tiga Cara Membersihkan Layar LCD Yang Berjamur, Diantaranya Gunakan Cairan Khusus

Dari kacamatanya, ada banyak potensi UMKM di Kecamatan Jatiluhur untuk dapat dikembangkan dengan pemasaran global.

“Terkait dengan produk olahan ikan. Pengolahan ikan (di Jatiluhur) akan menjadi suatu usaha yang lebih produktif jika dibandingkan menjual ikannya langsung tanpa diolah,” kata Dr Mumun mencontohkan.

Hadirnya KKNM Unla di Jatiluhur, tambah dia, setidaknya bisa sedikit memberi kontribusi yang bermanfaat untuk warga.

“Semoga dengan adanya seminar kewirausahaan ini masyarakat mampu melihat potensi dan pentingnya menjadikan usaha sampingan, bahkan usaha pokok untuk mengembangkan perekonomian masyarakat itu sendiri,” ujar Mumun.

Baca Juga:  Hendak Tawuran, 9 Remaja Diamankan Polisi

Ditemui usai memeberikan materi UMKM, Kepala Dinas Koperasi koperasi dan usaha kecil Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudrajat Abdurahim mengatakan, hadirnya banyak pegiat UMKM akan membuka semakin banyak lapangan kerja dan berputarnya roda perekonomian masyarakat.

“Dengan seminar ini, diharapkan menumbuhkan iklim kewirausahaan di kalangan masyarakat Purwakarta, khususnya masyarakat Kecamatan Jatiluhur, di tengah sempitnya lapangan kerja yang diperebutkan banyak orang,” ujarnya

Selain itu, Dudi berharap, kegiatan seperti ini bisa membantu program-program pemerintah sehingga terimplementasi dengan baik di masyarakat. Masyarakat bisa mengaplikasikan bekal keilmuan dan tip/trik praktis oleh mereka yang menerjuni dunia bisnis.

Baca Juga:  Berikut Keunggulan Kamera Fujifilm XT10

“Tentunya KKNM ini, untuk mendorong UMKM di sekitar Jatiluhur untuk lebih maju lagi, karena potensi wisata terutama,” pungkasnya.

Kegiatan ini, dihadiri oleh puluhan peserta dengan pemateri Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudrajat Abdurahim, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Purwakarta, Entis Sutisna, serta Camat Jatiluhur, H.Asep Supriatna. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat