Wali Kota Cirebon Desak PDAM Lakukan Inovasi

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Giri Nata Kota Cirebon diinstruksikan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan berbagai inovasi.

“Masyarakat sudah menunggu PDAM Kota Cirebon meningkatkan layanan. Berbagai langkah tentunya harus dilakukan dalam upaya peningkatan layanan ke masyarakat. Beberapa langkah tersebut antara lain menambah jaringan dan membuat reservoir (penampungan air) yang besar,” kata Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, Jumat (28/12/2018).

Baca Juga:  Puluhan Supir Angkot Demo Protes Kenaikan BBM

Azis menuturkan, peningkatan jaringan dilakukan karena warga sudah meminta agar mereka mendapat suplai air bersih, terutama di daerah Pantura Kota Cirebon, seperti Kesunean, Cangkol, Kejawanan, dan Samadikun.

“Kami juga mendengar adanya aliran yang diatur waktunya (digilir). Tentunya PDAM harus meningkatkan kemampuan sehingga giliran air semakin lama. Tambah jaringan dan percepat proyek pelaksanaannya,” kata Azis.

Baca Juga:  Kemendikbud RI Pantau Langsung Gernas Baku di Sindanghaji Majalengka

Direktur PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon, Sopyan Satari, mengatakan, pihaknya sedang melakukan perbaikan jaringan dari reservoir Plangon hingga Kalitanjung.

“Langkah lain, kami juga sedang mengajukan ke Kementrian PU untuk membuat reservoir yang berkapasitas 9.000 M3. Hal ini menambah jumlah debit air dari reservoir yang dimiliki sekarang sekitar 6.000 M3,” kata Sopyan.

Baca Juga:  Inilah, Menu McDonald’s 2023 Terbaru dan Cabang McD Terbaru di Bandung

Pihaknya, lanjut Sopyan, akan membuat jaringan baru ke daerah Pantura seperti Kesunean, Cangkol, Kejawanan, dan Pesisir Samadikun.

“Daerah tersebut memang belum mendapatkan jaringan secara maksimal karena keterbatasan jumlah debit air. Dengan dibangunnya reservoir baru berkapasitas 9.000 M3 diharapkan meningkatkan layanan termasuk pemasangan baru,” tandasnya. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat