Warga di Sekitar Proyek PLTA Cisokan Kembali Dapat Pelatihan UMKM

Warga di Sekitar Proyek PLTA Cisokan Kembali Dapat Pelatihan UMKM. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) terus menunjukan konsistensinya dalam mendukung perekonomian daerah melalui pengembangan UMKM. Kali ini, melalui program PLN Peduli bantuan berupa pelatihan untuk pengembangan UMKM disalurkan kepada warga yang berada di kawasan pembangunan PLTA Upper Cisokan Pumped Storage (UCPS).

Djarot Hutabri EBS, General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) mengatakan bahwa kehadiran UMKM di Indonesia mampu menyerap banyak tenaga kerja. Namun, kurangnya sumber daya baik dana, keterampilan maupun pengalaman menyebabkan para pelaku UMKM mengalami kesulitan untuk mengembangkan usahanya.

Baca Juga:  Cabup Karna Sobahi: Jangan Euforia Kemenangan Berlebihan

“Kami siap mendukung upaya masyarakat dalam memajukan perekonomian, salah satunya melalui UMKM. Kami menyadari masih banyak UMKM yang membutuhkan dukungan dan bantuan untuk mengembangkan usahanya. UMKM juga terbukti mampu mengurangi jumlah pengangguran karena mampu menyerap jumlah tenaga kerja,” kata Djarot dalam keterangan yang diterima, Senin (4/9/2023).

Baca Juga:  Jangan Sepelekan Nyeri Dada Bagian Tengah Sampai Tembus ke Punggung

Djarot kembali menambahkan, dalam sebulan terakhir, unitnya sudah menyerahterimakan dua bantuan pelatihan pengembangan UMKM.

“Yang pertama, kami salurkan kepada warga Kabupaten Cirebon. Di sana ada dua desa yang diberikan pelatihan seperti ini. Yang kedua, di Bandung Barat ini total ada 59 orang dari 6 desa yaitu di Desa Sukaresmi, Desa Bojongsalam, Desa Cibitung, Desa Cicadas di Kecamatan Rongga serta di Kecamatan Cipongkor yaitu Desa Karangsari dan Desa Cijambu,” jelas Djarot.

Baca Juga:  Dihantam Ombak, Nelayan Ini Hilang di Perairan Batu Berlayar Aceh