Warga Diminta Bersiap Sambut Musim Penghujan dengan Kerja Bakti

 

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., meninjau pelaksanaan program padat karya Mapag Hujan, di Kelurahan Cipadung Kidul, Kecamatan Penyileukan, Kota Bandung, Rabu (22/11/2023).

Dalam kunjungan tersebut, terlihat para peserta yang merupakan warga sekitar tampak antusias dan bahu membahu, membersihkan sungai Cilameta yang terhubung dengan sungai Cisalatri.

Menurut Tedy, medan yang dihadapi oleh peserta tidak mudah, karena sungai yang dipenuhi oleh rumput, eceng gondok, bahkan sampah.

Baca Juga:  RSIA Asri Bantah Tahan Pasien Karena Masalah Biaya Perawatan

“Sungai dipenuhi rumput, eceng gondok, bahkan sampah-sampah. Masih ada yang membuang sampah ke sungai,” katanya.

Kendati kedalaman air lebih dari satu meter, tidak menjadi penghalang bagi peserta padat karya untuk membersihkan sungai tersebut. Dengan harapan saluran air lancar dan tidak meluap, sehingga tidak menyebabkan banjir.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama meminimalisir banjir di sejumlah titik di Kawasan Cipadung Kidul dan Komplek Panyileukan,” terangnya.

Selain itu, ia menuturkan kegiatan ini juga merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat, sehingga peserta mendapatkan pendapatan sementara, terutama warga yang membutuhkan pekerjaan. Mengingat kegiatan padat karya tersebut, diikuti sekitar 50 orang.

Baca Juga:  Polemik Guru Dipecat Gara-gara Kritik Ridwan Kamil, Gubernur Jabar: Saya Tidak Anti-kritik

“Mudah-mudahan dirasakan manfaatnya, baik lingkungan dan juga oleh masyarakat. Sehingga lingkungan kita lebih nyaman, bersih dan sehat,” ucapnya.

Ketua LPM Cipadung Kidul, Ajat Sudrajat menerangkan kegiatan padat karya sangat bermanfaat, terutama untuk kebersihan lingkungan dan sungai. Terlebih saat ini, akan memasuki musim penghujan.

Baca Juga:  IDI Jabar Siap Perangi Hoaks Tentang Kesehatan

“Kegiatan ini tentu bermanfaat bagi warga dan lingkungan. Kami mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh DPRD Kota Bandung,” katanya.

Salah seorang peserta, Sunarno (58) mengaku semangat dan antusias untuk mengikuti program padat karya tersebut. Melalui program tersebut, selain ikut menjaga kebersihan lingkungan dan sungai, tapi juga memperoleh manfaat pemberdayaan masyarakat.

“Lingkungan jadi bersih dan sehat, bukan hanya lingkungan tapi juga bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.(Humpro DPRD)