Warga Purwakarta Minta Pemerintah Pusat Atasi Perusakan Alam di Sepadan Sungai Cikao

Pengerukan sungai Cikao dipertanyakan warga. (foto: istimewa)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Warga Cidahu mempertanyakan kegiatan pengerukan sungai dan sepadan sungai Cikao yang tak jauh dari pemukiman.

Warga menganggap kegiatan pengerukan di sepadan sungai tersebut bisa berakibat fatal terhadap kerusakan lingkungan.

Padahal selama ini warga menganggap, baik pemanfaatan maupun kegiatan yang bisa dilakukan di dalamnya, tidak bisa semena-mena dilakukan pihak mana pun.

Seperti diungkapkan warga setempat yang enggan disebutkan namanya, saat ini kegiatan pengerukan di sungai yang terletak diantara wilayah Desa Cidahu dengan wilayah Desa Parakanlima dan wilayah Desa Cidahu dengan Desa Cisalada ini sedang dilakukan pengerukan.

Baca Juga:  Cegah Demam Berdarah, Markas Polisi Purwakarta di Fogging

Warga pun mempertanyakan perihal kegiatan tersebut. Apakah kegiatan itu diperbolehkan atau tidak? Jika tidak diperbolehkan kenapa oleh pihak terkait dibiarkan.

“Sebagai masyarakat Desa Cidahu, saya mempertanyakan kepada pihak terkait, mulai dari pihak desa, kecamatan dan pemerintah daerah perihal kegiatan tersebut,” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan pengerukan material yang ada di daerah aliran sungai dan sempadan sungai tersebut, menurutnya, dikhawatirkan akan membahayakan  lingkungan sekitar daerah tersebut. “Termasuk perihal amdal maupun perizinannya, apakah sudah ada dan sesuai aturan?,” tegasnya.

Baca Juga:  Khawatir Timbulkan Penyakit, Warga Gang Nusa Indah Gagas Pembersihan disentifektan

Selain itu ia pun berharap pihak terkait bisa segera menindaklanjuti perihal kegiatan yang diduga dilakukan atas perintah pemilik dan atau pengelola kawasan wisata yang tidak jauh dari lokasi pengerukan.

Di kesempatan terpisah pemerhati lingkungan yang juga penulis, Riana meminta pemerintah pusat melalui kementerian terkait yang bertanggungjawab terhadap wilayah sungai Citarum menghentikan pekerjaan tak berizin tersebut.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari ini Senin 21 November 2022

“Saya menyatakan bahwa Pemerintah pusat melalui kementerian yang bertanggung jawab pengawal peraturan perundangan soal wilayah sungai Citarum untuk menghentikan pekerjaan tak berizin ini,” tandasnya.

Rian pun meminta organisasi-organisai peduli lingkungan untuk bergerak membantu masyarakat dalam mengadvokasi perilaku-perilaku tidak bertanggung jawab yang bisa merusak lingkungan tersebut.

Menurutnya, negara dan organisasi lingkungan pun harus hadir dalam menangani masalah lingkungan di Purwakarta. Seperti yang terjadi di Sepadan Sungai Cikao wilayah Citarum ini. (red)