Waspada! Beberapa Penyakit Berbahaya Ini Intai Orang Cegukan

JABARNEWS | BANDUNG – Cegukan merupakan kontraksi tak sengaja dari otot diafragma yaitu otot yang memisahkan dada dan perut serta memainkan peranan penting dalam pernapasan. Setiap kontraksi diikuti oleh penutupan pita suara.

Cegukan secara umum terjadi karena makan dengan porsi banyak atau meminum minuman bersoda dan beralkohol. Cegukan juga bisa disebabkan karena rasa terkejut. Dalam beberapa hal, cegukan merupakan suatu gejala medis tertentu.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Jabar Jumat 9 Juni 2023

Oleh sebab itu berikut beberapa Penyakit berbahaya menyebabkan terjadinya cegukan pada seseorang diantaranya yakni:

Pertama. Stroke – Kerusakan pembuluh pada otak atau pecahnya pembuluh darah pada otak dapat menyebabkan cegukan tanpa henti. Cegukan ditemukan pada sebagian kecil orang yang terkena stroke. Cegukan juga dapat terjadi pada orang yang mengidap lupus eritematosus sistemik (SLE).

Kedua. Tumor Otak – Penyebab cegukan yang tak henti dapat disebabkan karena mengalami cedera pada sistem saraf maupun tumor pada otak. Penelitian US National Institutes of Healths National Library of Medicine melaporkan, tumor otak dapat menyebabkan cegukan secara terus menerus termasuk juga termasuk astrositoma (kanker otak), cavernoma (kelainan sistem saraf pusat), tumor batang otak.

Baca Juga:  Hati-hati Jika Mata Merah, Bisa Jadi Karena Ini Penyebabnya

Ketiga. Kanker – Cegukan yang disebabkan oleh kanker dan kemoterapi dapat berkisar dari sesekali dan ringan hingga tanpa henti. Untuk pasien mesothelioma yang sudah menderita masalah pernapasan, cegukan bisa terasa menyakitkan. Dan mereka mungkin membuat pernapasan menjadi lebih sulit.

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19 di Serdang Bedagai Lampaui Target, Darma Wijaya Sampaikan Hal Ini

Keempat. Gangguan Pencernaan – Penyebab lain cegukan yang tidak henti bisa jadi karena saluran pencernaan dan perut terganggu. Penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease GERD) umumnya terkait dengan bersendawa. (Red)