Waspada! Delapan Wilayah di Cianjur Ini Terancam Bencana Kekeringan

Ilustrasi bencana kekeringan. (Footo: Tempo).

Sedangkan saat memasuki musim kemarau, terdapat sejumlah wilayah yang diperkirakan akan mengalami kekeringan seperti wilayah utara, timur hingga selatan, mulai dari Kecamatan Cijati, Kadupandak dan Cibinong, Sukaluyu, Ciranjang, Bojongpicung, Haurwangi, dan Cikalongkulon.

Sejumlah wilayah diperkirakan akan terdampak mulai dari irigasi untuk persawahan dan air untuk kebutuhan rumah tangga, sehingga pihaknya akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait seperti dinas pertanian untuk irigasi dan PDAM untuk kebutuhan air bersih warga.

Baca Juga:  Diguyur Hujan Deras, Jalan Desa Penghubung Kabupaten Cianjur-Bandung Putus Tertimpa Longsor

Hingga pekan ini, lanjut Rudi, pihaknya belum mendapat laporan terkait menurunnya debit air sungai atau sumur warga di sejumlah wilayah.

Baca Juga:  Ngeri! Herman Suherman Mita Sekolah Berhentikan Siswa yang Terlibat Geng Motor

Namun pihaknya mengimbau warga untuk segera melapor jika di wilayahnya sudah mulai mengalami kekeringan atau kesulitan air bersih.

“Harapan kami kemarau tidak berlangsung lama dan tidak sampai terjadi kekeringan parah di wilayah rawan. Untuk antisipasi tim gabungan akan melakukan penanganan cepat termasuk menyuplai air bersih untuk kebutuhan warga,” tandasnya. (Red)

Baca Juga:  Jelang Lebaran Harga Daging Naik