Waspada! Ini Bahayanya Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Emping Melinjo

JABARNEWS | BANDUNG – Bahaya emping melinjo bagi kesehatan dan ibu hamil sangat penting diperhatikan. Emping yang berbahan dasar buah melinjo tentu sangat mudah ditemui.

Beberapa orang juga mengkonsumsi emping sebagai cemilan. Tapi tahukah anda bahwa emping memiliki zat purin tinggi yang dapat memicu berbagai penyakit khususnya penyakit asam urat.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa dampak buruk bagi kesehatan akibat terlalu sering mengkonsumsi emping melinjo yakni:

Baca Juga:  Terapkan PPKM Level 3, Warga Majalengka Diminta Perketat Protokol Kesehatan

Pertama. Memicu Kambuh Asam Urat – Banyak orang salah kaprah mengenai asam urat. Seperti yang dijabarkan di atas, asam urat merupakan hasil metabolisme zat purin. Jadi asam urat bukanlah sebuah penyakit.

Mengkonsumsi emping melinjo yang memiliki kadar purin yang tinggi dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Bagi anda yang memiliki kadar asam urat tinggi, emping melinjo masih diperbolehkan untuk dikonsumsi tapi dengan takaran yang tidak berlebihan.

Baca Juga:  Dinkes Serdang Bedagai Dirikan Posko Korban Banjir

Kedua. Tekanan darah tinggi atau hipertensi – Emping asin biasanya disertai bumbu garam sebagai penyedapnya. Asin dari garam merupakan pantangan bagi anda yang memiliki tekanan darah yang tinggi.

Melalui studi dan penelitian, asam urat dan hipertensi juga saling berhubungan. Seperempat penderita hipertensi biasanya juga memiliki kadar asam urat yang tinggi.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Selasa 13 Desember 2022

Ketiga. Batu ginjal – Asam urat akan mengalami proses ekskresi atau pengeluaran dalam tubuh melalui air seni Ketika mengkonsumsi emping berlebihan tentu kadar asam urat akan bertambah dan menumpuk sehingga membentuk kristal.

Orang yang mengalami gangguan metabolisme asam urat, ketika buang air kecil akan merasakan sakit dan jika kristal melukai saluran kemih membuat air seni menjadi berwarna kemerahan. (Red)