Wisatawan Farmhouse Lembang yang Positif Covid-19 Langsung Dipulangkan

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Pada libur panjang Tahun Baru ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan rapid test antigen di tiga titik, Kamis (31/12/2020).

Ketiga titik pelaksanaan rapid test antigen itu ialah di Pos Pengamanan Padalarang, Posko Alun-alun Lembang, dan objek wisata Farmhouse.

Untuk pelaksanaannya pada hari terakhir di tahun 2020, Dinkes KBB sebetulnya telah menyiapkan 300 alat rapid tes antigen. Akan tetapi, hanya 165 alat rapid test yang terpakai.

Baca Juga:  Massa HMI Unjuk Rasa di Depan Gedung Sate

Dari 100 alat rapid test antigen disediakan di Posko Lembang, yang terpakai hanya 50 alat, dengan 1 orang diperoleh hasil positif Covid-19.

Sementara di pos pengamanan Padalarang ada 2 orang positif Covid-19, dari 50 orang yang menjalani rapid test antigen. Lalu di Farmhouse ada 65 orang yang menjalani rapid test antigen, dengan 1 orang wisatawan asal Bogor positif Covid-19.

“Kami targetkan hari ini ada 300 yang rapid test antigen, namun hanya 165 alat yang terpakai. Hasilnya, ada 4 orang positif dan 161 negatif,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes KBB Mulyana.

Baca Juga:  Bupati Anne Ratna Mustika Minta Jajarannya Jaga Kualitas Udara Purwakarta

Dari 4 orang yang positif tersebut, 2 orang merupakan warga Bandung Barat dan 2 orang lagi wisatawan atau tamu dari luar daerah. Tindak lanjut dari hasil rapid test antigen tersebut, dilaporkan ke Dinkes kabupaten/kota masing-masing.

“Untuk yang wisatawan dan tamu, langsung dipulangkan lagi ke daerah asal domisili mereka. Kami laporkan ke Dinkes Jabar untuk diteruskan ke Dinkes daerah asal. Kalau yang warga KBB, dilaporkan ke puskesmas domisili mereka,” terangnya.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Rabu 2 November 2022

Selanjutnya, terang dia, Dinkes akan melacak riwayat keempat orang yang positif Covid-19 itu, apakah pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 atau tidak.

“Kalau pernah kontak dengan yang positif, akan dianggap positif Covid-19. Kalau yang belum pernah kontak langsung menjalani swab test lagi. Kami juga akan melakukan tracing kontak erat,” jelasnya.

Penulis: Yoyo W