Wow! Di Sukabumi Ada Objek Wisata Karang Kontol, Disini Lokasinya

Karang Kontol
Objek wisata Karang Kontol di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark. (Foto: Facebook/Arjuna Pertiga).

Dalam gambar itu juga disertai tulisan Karang Kontol Geopark Ciletuh dan satu lagi menunjukan pemandangan alam tempat rekreasi baru Pasir Henceut yang ada di wilayah kabupaten Ciamis.

Andri mengatakan, keberadaan dan istilah sebutan karang kontol ini dalam konteks masyarakat Geopark Ciletuh atau Palangpang kecamatan Ciemas itu memang nama yang sudah lama tersemat.

Baca Juga:  Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi Diterjang Longsor

Bahkan, lanjut Andri, penyebutan nama objek wisata tersebut bukan puluh tahun namun dimungkinkan sudah ratusan tahun lalu.

“Asal muasal pembentukan karang itu tidak ada yang tahu persis kapan, dan dimana seperti apa prosesnya, akan tetapi memang faktanya asli bentukan alam yang tidak ada rekayasa buatan orang atau manusia, itu membentuk mungkin akibat dari pergeseran bebatuan karang oleh air laut, sebetulnya sudah lama terjadi, jadi masyarakat disana menyebut karang kontol itu bukan hal yang tabu atau hal yang baru,” kata Andri, Senin (9/1/2023).

Baca Juga:  Sesosok Mayat Pria Telanjang Ditemukan di Pesisir Pantai Sukabumi

Karang Kontol, sambung Andri, beras di lokasi sekitar wilayah pantai Ciletuh, tepatnya di pantai Cikepuh dengan jarak tempuh dari pantai Palangpang, Desa Ciwaru kurang lebih 30 menit.

Baca Juga:  Soal Bandara Cikembar di Kabupaten Sukabumi, DPRD Jabar Bilang Begini