Yossi-Aries Akan Bangun Puskesmas Rawat Inap di Tiap Kelurahan

 

JABARNEWS | BANDUNG – Calon walikota dan wakil walikota Bandung dengan pasangan nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna berkomitment untuk meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kota Bandung. Bahkan salah satu program yang disiapkan Yossi-Aries adalah pembangunan Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DTP) di setiap kelurahan.

“Kita akan kembangkan puskesmas di masyarakat. Satu kelurahan harus punya satu puskesmas. Bukan puskesmas biasa, tapi puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap,” jelas Aries Supriatna kepada wartawan di Bandung, Kamis (14/2/2018).

Dikatakannya, pembenahan dan peningkatan fasilitas kesehatan di Kota Bandung akan menjadi agenda prioritas pasangan yang dikenal dengan jargon Bandung Hebring tersebut. Terlebih persoalan kesehatan adalah hak dasar setiap warga negara.

Baca Juga:  Ini Penyebab Kebakaran Lahan yang Hanguskan Puluhan Hektar di Kawasen Ciamis, Ternyata...

Menurutnya fasilitas kesehatan di Kota Bandung sudah cukup bagus. Hanya saja, kualitas fasilitas kesehatan maupun sebaran lokasinya belum merata.

“Hanya ada beberapa puskesmas saja yang memiliki fasilitas rawat inap. Akibatnya banyak rumah sakit yang selalu kewalahan menampung pasien,” katanya.

Padahal, bila puskesmas yang tersebar di Kota Bandung memiliki kualitas minimal setara rumah sakit tipe C, sambung Aries, maka jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit di Kota Bandung tidak akan terlalu membludak.

Baca Juga:  Tebing Setinggi Belasan Meter Longsor, Jalur Alternatif Cianjur-Jonggol Terputus

“Nanti yang sakit berat saja yang dirujuk dan dirawat ke rumah sakit. Kalau sakitnya tidak terlalu parah cukup dirawat di puskesmas karena nanti puskesmas kita memiliki kualitas dan fasilitas bagus,” kata Aries.

Selain membangun Puskesmas DTP baru dan meningkatkan kualitas puskesmas yang sudah ada, kata dia, yang tak kalah pentingnya adalah meningkatkan kualitas tenaga medis dan fasilitas pendukungnya.

“Jadi nantinya di Puskesmas itu tak hanya ada dokter umum dan perawat. Tapi banyak dokter spesialis lain hingga bidan. Jadi ke depan warga itu cukup berobat ke Puskesmas karena semua dokternya lengkap dan dekat,” kata Aries.

Baca Juga:  Pasca Pembunuhan Berantai Wowon, Polres Cianjur Buka Posko, Ini Tujuannya

Tidak hanya itu saja, Aries juga berjanji akan mempermudah pelayanan pasien terutama pasien dari keluarga miskin.

“Pokoknya kami akan rancang pelayanan terbaik dan tidak ribet. Jangan ada lagi pasien ditolak karena tak memiliki kartu BPJS. Semua harus dilayani dengan baik karena itu amanat undang-undang,” jelas Aries. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat