DPRD Jabar Dukung Rencana Bey Machmudin Evaluasi dan Monitoring BUMD

DPRD Jabar
Ketua Pansus V DPRD Jawa Barat Sugianto Nangolah. (Foto: Humas DPRD Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Komisi III DPRD Jawa Barat mendukung rencana Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin yang akan melakukan monitoring dan evaluasi kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) secara rutin.

“Kita (Komisi III DPRD Jawa Barat) sangat mendukung rencana Pak Bey Machmudin yang akan monitoring dan evaluasi kinerja BUMD secara rutin. Pansus V mendukung wacana tersebut. Hal itu memang keinginan Komisi III DPRD Jawa Barat, kita tentu akan mendukung langkah baik ini,” tutur Ketua Pansus V DPRD Jawa Barat Sugianto Nangolah, Bandung, Senin (13/11/2023).

Baca Juga:  DPRD Minta Pemprov Jabar Tegas dalam Penegakan Aturan

Menurut Sugianto Nangolah, BUMD yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar sebenarnya punya potensi yang sangat besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika dikelola dengan baik. Berkaca pada beberapa BUMD yang dimiliki Pemprov Jabar ternyata mampu berkinerja baik, berkontribusi terhadap PAD lewat setoran deviden.

Baca Juga:  Thoriqoh Nashrullah Fitriyah Sebut Masyarakat Bisa Berperan Aktif Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

“Kemudian melihat (contoh) perusahaan swasta banyak yang untung karena kinerjanya dan dikelola dengan baik, jadi banyak menguntungkan. Kenapa BUMD kita tidak bisa,” kata Sugianto Nangolah.

Baca Juga:  Asep Suherman : Pemerintah Harus ada Inovasi Baru Pada Sektor Pertanian

Terkait BUMD yang berkinerja kurang baik tambah Sugianto Nangolah, DPRD Jawa Barat melalui Panitia Khusus (Pansus V) saat ini tengah membahas rencana merger perusahaan umum daerah yang dibahas dalam 4 Raperda yakni;