DPRD Jabar Sebut Industri E-Sport Punya Peran Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

E-Sport
Ilustrasi Industri E-Sport. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat menyebutkan bawah Elektronik Sport (E-Sport) memiliki peran besar dalam pertumbuhan ekonomi kreatif.

Anggota DPRD Jabar Yunandar Eka Perwira mengatakan, generasi Z dan generasi milenial yang jumlahnya lebih dari 50 persen penduduk Jabar telah menjadi penggemar dan pengguna e-sport sehari-hari.

Baca Juga:  DPRD Jabar: Masyarakat Harus Siap Beralih ke TV Digital

Menurut Yunandar, potensi perekonomian dari industri kreatif ini sangat besar di Jabar. Industri kreatif pertumbuhannya mencapai 7 persen saat sebelum pandemi dan nilai ekonominya mencapai 21 persen dari seluruh ekonomi Jabar.

Baca Juga:  Sempat Terhenti, Pembangunan Embung Kiarapayung di Sumedang Kembali Berjalan

“Melalui e-sport inilah kita bisa mengembangan perekonomian bahkan menjadikan satu profesi yang sangat penting karena melibatkan perekonomian yang besar,” kata Yunandar dalam keterangan yang diterima, Rabu (22/2/2023).

Baca Juga:  Lembaga Penyiaran Harus Jadi Kontrol saat Perhelatan Pemilu 2024

Dia menjelaskan, pertandingan-pertandingan e-sport tingkat dunia memberikan hadiah hingga jutaan dolar. E-sport, lanjut Yunandar, merupakan satu industri besar yang tidak hanya berkaitan dengan gamess saja tetapi juga industri kreatif yang lain seperti fashion, animasi dan lainnya.