Nilai Tukar Pertanian di Jabar Turun, Ini Kata DPRD Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Ketua DPRD Jabar Oleh Soleh mengatakan bahwa kondisi pangan di Jabar surplus. Namun, pada satu sisi Nilai Tukar Pertanian (NTP) menurun.

“Kondisi pangan di Jawa Barat mengalami surplus, namun pada satu sisi NTP menurun,” kata Oleh dalam keterangan yang diterima, Minggu 28 November 2021.

Dia mengaku tidak heran banyak petani yang merasa kecewa dimana pada proses awal biaya penanaman tidak sesuai dengan nilai jual pada saat panen sangat murah.

Baca Juga: Dishub Serdang Bedagai Periksa Ratusan Kenderaan di Jalinsum, Ada Surat Vaksin Boleh Lewat

Baca Juga:  Resmi, Pemerintah Terbitkan SE Larangan ASN Terlibat FPI

Baca Juga: Tiga Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Makan, Salah Satunya Gosok Gigi

“Tidak aneh jika banyak petani yang merasa kecewa, dimana pada proses awal biaya penanaman sangat besar tetapi pada saat panen nilai jualnya sangat rendah,” ucapnya.

“Itu semua disebabkan oleh permintaan yang sedikit, dan akses untuk ekspor dan impor pun ditutup, sehingga hasil pertanian berputar di para petani,” tambahnya.

Baca Juga:  Kabar Baik! Ada insentif Pajak Bagi Pemilik Kendaraan yang Masuk Kategori Ini

Baca Juga: Awas! Jenis Minuman Ini Mesti Dihindari Oleh Penderita Maag

Baca Juga: Begini Cara Kenalan Dengan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Oleh menyampaikan bahwa negara Indonesia memiliki peluang yang besar dalam pasar perdangan di bidang pertanian dan juga stok pertanian yang melimpah tetapi kesulitan untuk memasarkannya ke luar negeri yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

“Cara mengantisipasi hal itu dengan menggunakan teknologi, bagaimana kita menginformasikan kepada masyarakat luas, dimana komoditi yang kita miliki bisa terbaca dan terpantau dan mereka mau membeli hasil pangan kita,” tuturnya.

Baca Juga:  Peduli Supir Angkot, Dishub Jabar Salurkan Ratusan Paket Sembako di Kota Bandung

Maka dari itu, Oleh mengapresiasi dan mendukung setinggi-tingginya atas insiasi program bagaimana mengedukasi, memberikan semangat kepada anak-anak muda yang ada di wilayah Priangan Timur khususnya.

“Kami (DPRD Jabar) mengapresiasi dan mendukung setinggi-tingginya atas insiasi program yang digagas oleh Pemprov Jabar dalam mengedukasi dan memberikan semangat kepada anak-anak muda yang berada di wilayah Priangan Timur khususnya,” tandasnya.***