Soal Pendidikan Pancasila dan Kebangsaan, DPRD Jabar Usulkan Perda Inisiatif

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Bedi Budiman menghadiri acara Forum Perangkat Daerah yang bertajuk Penyelarasan Indikator Kinerja Umum (IKU) Bidang Kesbangpol Se-Jawa Barat dalam rangka Optimalisasi Penyusunan Renstra 2023-2027 di Mason Pine Hotel, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (23/2/2022). (Foto: Humas DPRD Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) Inisiatif tentang pendidkan pancasila dan wawasan kebangsaan.

Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman mengatakan, Perda tersebut bermuatan menjadi payung bagi Kesbangpol dan stakeholder terkait untuk menjalin kerjasama dalam mengakses program dan sebagainya baik bersifat horisontal maupun secara vertikak.

Baca Juga:  Ineu Purwadewi Sundari Minta Sekwan DPRD Jabar Amankan Arsip Sisa Kebakaran

Misalnya, lanjut dia, lintas dinas untuk ASN guru-guru dengan Dinas Pendidikan. Secara praktis sesungguhnya sudah dilakukan dan DPRD akan menyediakan payung hukumnya melalui perda inisiatif tersebut.

Baca Juga:  Tindak Lanjut LHP LKPD BPK, Banggar DPRD Jawa Barat Inspeksi ke Underpass Dewi Sartika Depok

“Contoh lainnya ialah Deradikalisasi dilingkungan ASN dengan BKD, BPSDM dan Biro Organisasi. Juga pentahelix dengan lembaga vertikal seperti pertahanan dan keamanan. Ada juga Kodam, Polda atau lembaga yang terkait dengan kesatuan bangsa,” kata Bedi di Kabupaten Bandung Barat, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga:  DPRD Jabar Terima Banyak Keluhan Soal Infrastruktur dan Kesejahteraan Masyarakat di Tasikmalaya

Demikian juga dengan kalangan kampus, Bedi menegaskan, termasuk kalangan pesantren bahkan kalangan pegiat ekonomi, karena stabilitas politik sedikit banyaknya mempengaruhi perkembangan ekonomi.