Penanganan Covid-19 di Depok, Ridwan Kamil Minta Bantuan TNI Polri

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Kota Depok kembali menjadi zona merah dari hasil pemetaan level kewaspadaan terbaru.

“Kami laporkan posisi Jawa Barat, dari seluruh wilayah, mayoritas risiko Sedang dan risiko rendah, hanya satu di Kota Depok yang masih merah,” kata dia, dalam konferensi pers bersama Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa dan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, di Bandung, Jumat (21/8/2020).

Ridwan Kamil mengatakan, KSAD dan Wakapolri berkunjung mewakili Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Surati Jokowi dan Puan Maharani, Ini Isi Suratnya

“Beliau-beliau sebagai wakil ketua yang ditugaskan memonitor,” kata dia.

Ridwan Kamil mengatakan, pemerintah Jawa Barat memerlukan bantuan untuk penanganan penyebaran Covid-19 di Kota Depok yang kembali naik statusnya menjadi zona merah.

“Sehinga kami memohon ada bantuan untuk dukungan menguatkan zona merah,” kata dia.

Ridwan Kamil mengatakan, mayoritas kabupaten/kota di Jawa Barat berada di zona kuning. Ada 12 yang zona oranye, 14 zona kuning, dan 1 zona merah. Padahal minggu lalu Depok sudah masuk zona oranye.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Lakukan Uji Klinis Vaksin Covid-19 pada 25 Agustus

Ridwan Kamil mengatakan, penyebaran Covid-19 di Jawa Barat mayoritas bergerak di seputaran Bodebek. Pemerintah Jawa Barat hingga saat ini masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Proporsional untuk wilayah Bodebek.

“Tapi muter-muternya seperti saya sampaikan, kebanyakan di Bodebek. Makanya PSBB di Bodebek kami perpanjang. Jadi provinsi yang konsisten terus ada PSBB, sebenarnya salah satunya Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil.

Wakil Ketua Pelaksana II, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono mengatakan, penanganan Covid-19 di tiap daerah pasti berbeda.

Baca Juga:  Jelang Pilkada Ridwan Kamil Sampaikan Langkah Antisipasi Penyebaran Covid-19

“Penanganan Covid ini tidak akan sama satu daerah dengan daerah lainnya,” kata pria yang menjabat Wakil Kepala Polri ini.

Gatot mengatakan, akan mengupayakan membantu penanganan Covid di Kota Depok.

“Kemudian hal-hal yang bisa kami lakukan, tentunya akan kami lakukan. Seperti Pak Gub meminta Depok, kami upayakan akan membantu melalui tentunya Pak Kapolda dan Pangdam Jaya,” kata dia. (Red)