Vaksin Covid-19 Belum Disalurkan, Wagub Uu: Tunggu Kesiapan Gudang

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum melaporkan bahwa vaksin Covid-19 belum disalurkan karena masih menunggu kesiapan gudang di kabupaten/kota.

Dia mengatakan, saat ini vaksin yang sudah diterima akan disimpan di dua gudang penyimpanan. Setelah itu, vaksin akan didistribusikan ke kabupaten/kota.

“Vaksin belum disalurkan, menunggu kesiapan gudang di kabupaten/kota. Saat ini sedang disampaikan (agar) kabupaten/kota untuk segera mempersiapkan itu,” kata Uu seusai mengikuti video conference terkait Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan bersama Menteri Dalam Negeri, Selasa (5/1/2021).

Baca Juga:  Begini Pantun dan Harapan Ridwan Kamil di Hari Jadi Kota Tasikmalaya

Selain itu, Uu menjelaskan bahwa pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah untuk menyiapkan semua hal terkait vaksinasi Covid-19. Tujuannya agar proses penyuntikan vaksin berjalan optimal.

“Jadi arahan pemerintah pusat, kita harus mempersiapkan semua hal terkait vaksinasi Covid-19. Mulai dari fasilitas hingga Sumber Daya Manusia. Karena vaksinasi merupakan ikhtiar untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemprov Jawa Barat Minta Kabupaten dan Kota Segera Kirim Sampel AFP

Uu mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan menindaklanjuti arahan pemerintah pusat terkait vaksinasi Covid-19. Pemprov Jabar, lanjut Uu, proaktif mendukung dan membantu pemerintah kabupaten/kota menyiapkan proses vaksinasi Covid-19.

“Kalau pemerintah provinsi sudah siap. Mobil sudah siap. boksnya sudah siap. Karena sudah dipersiapkan dari awal,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Datangi Sungai Cilamaya Karawang, Kondisinya Tercemar

Sebelumnya, Provinsi Jabar sendiri mendapat alokasi 97.080 dosis vaksin dari pemerintah pusat yang terbagi dalam dua tahap distribusi. Pada tahap pertama, Jabar menerima 38.400 dosis. Sedangkan 58.680 dosis akan diterima pada tahap distribusi selanjutnya.

Selain itu, sejumlah fasilitas pendukung vaksin seperti cold room dan refrigerator vaccine akan menjadi perhatian Pemda Provinsi Jabar.

Penulis: Rian Nugraha