Nakes Jadi Prioritas Utama Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat

Ilustrasi vaksinasi dosis keempat. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | JAKARTA – Pemerintah telah mulai memberikan vaksinasi booster 2 atau vaksin covid-19 dosis keempat untuk tenaga kesehatan (nakes). Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

“Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menunjukkan imunitas menjadi menurun,” kata Budi.

Baca Juga:  Politik, Partai Politik dan Simbol serta Ideologi Yang Melatarbelakanginya

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Moh Syahril mengatakan, regulasi vaksinasi Covid-19 dosis keempat masih disiapkan. Senada dengan Menkes Budi, Syahril juga memastikan bahwa stok vaksin yang akan digunakan untuk dosis keempat telah tersedia.

Baca Juga:  DPRD Jabar Tegaskan Kebutuhan Tenaga Kesehatan Daerah Harus Sinkron Dengan Pemerintah Pusat

“Tunggu saja ya berita resminya. Ini masih dipersiapkan semua khususnya regulasinya. Kalo vaksinnya sudah siap,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022) pagi.

Baca Juga:  Bantak PHK Puluhan Nakes, Begini Penjelasan RSUD SMC Tasikmalaya

Menurut Syahril, nantinya vaksinasi Covid-19 dosis keempat terlebih dahulu diberikan kepada kelompok yang berisiko tinggi. Adapun yang tergolong kelompok berisiko tinggi antara lain nakes, lansia, immunocompromised atau orang yang memiliki masalah sistem imun, dan pelayanan publik.