PKM Dosen Polban: Berdayakan Ekonomi Pesantren Melalui Program Produksi dan Manajemen Pengolahan Pasca Panen Terpadu

Kegiatan pemberdayaan ekonomi pesantren kerjasama Tim Dosen PKM Polban dengan Rumah Qur'an Amaluna di Bandung Barat
Kegiatan pemberdayaan ekonomi pesantren kerjasama Tim Dosen PKM Polban dengan Rumah Qur’an Amaluna di Bandung Barat. (foto: istimewa)

Komunitas Tani eFora merupakan sebuah kelompok petani yang tergabung dalam Koperasi eFora Mitra Sejahtera, yang awalnya merupakan hasil kegiatan PkM pada tahun 2020 yang diinisiasi oleh DRPM Dikti.

Program PkM ini memiliki fokus pada pemberdayaan ekonomi pesantren melalui produksi dan manajemen pengolahan pasca panen terpadu. Program ini melibatkan teknologi tepat guna yang melibatkan dua bidang ilmu, yaitu Teknik Kimia dan Teknik Elektronika, untuk mengatasi masalah dalam bidang pendidikan pondok pesantren dan pertanian.

Baca Juga:  Penyidikan Kasus Pembunuhan Wiwin Setiani Dihentikan, Kabid Humas Polda Jabar Ungkap Alasannya

Sosialisasi program ini berlangsung pada Senin, 17 Juli 2023, di Rumah Qur’an Amaluna. Selama acara sosialisasi, tim dosen PKM Polban, bersama dengan tim Mitra dan Komunitas Tani eFora, berdiskusi mengenai peluang, tantangan, dan rencana pemasaran produk hasil pengolahan.

Baca Juga:  WhatsApp Story, Sebagai Media Social Sharing Bagi Ibu Rumah Tangga

“Kegiatan program pengembangan Warung Ummat ini sebisa mungkin kita pilah mana saja kegiatan yang dapat dilakukan oleh para santri, agar bisa meningkatkan kemampuan dalam mengelola produk komoditi tani pasca panen namun tidak mengganggu kegiatan menghafal Qur’an yang dilakukan di pondok,” ujar perwakilan tim mitra Rumah Qur’an Amaluna, Abi Rimba Limbangani.

Baca Juga:  Strategi Bisnis di Era MEA

Untuk kebutuhan perangkat produksi, mitra diberikan fasilitas oleh kegiatan PkM Polban. Sedangkan untuk kebutuhan bahan baku, pondok pesantren didukung oleh mitra dari Komunitas Tani eFora.