Berat Badan Anda Naik Setelah Lebaran? Awas, Ada Penyakit Mengintai

Ilustrasi Berat Badan Anda Naik Setelah Lebaran.(Foto: Sciencenews).

“Sesekali kita boleh makan enak untuk kesenangan dan bersilaturahmi asal porsi tidak berlebihan. Waktu berlebaran atau berlibur, kita tetap perlu mengendalikan diri dalam urusan makanan karena sejatinya tubuh lebih membutuhkan makanan bernutrisi dan cukup istirahat,” kata dr Yosef dalam keterangan yang diterima, Jumat (6/5/2022).

Makan berlebihan dan tergesa-gesa dapat membuat tubuh lebih cepat kenyang dan menyebabkan masalah pencernaan. Saat bersantap bersama keluarga atau kerabat, ambil makanan dalam porsi 20 persen lebih sedikit karena akan ada banyak kue lebaran, jangan memesan makanan dan camilan dalam jumlah banyak agar tidak perlu membawa pulang makanan ke rumah.

Baca Juga:  Soekirman Sampaikan Visi dan Misi ke DPD Nasdem Serdang Bedagai

Dr Yosef juga menyarankan agar masyarakat tetap aktif berolahraga sebagaimana dulu sering dilakukan pada masa awal pandemi agar tubuh tetap kuat dan imunitas terjaga.

Baca Juga:  Wow! Hal Ini Ternyata Menjadi Penyebab Mudah Digigit Nyamuk, Diantaranya Memakai Baju Gelap

Dia menyarankan agar masyarakat tidak mengabaikan olahraga rutin karena olahraga adalah cara sederhana dan murah untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, membantu mengendalikan kenaikan berat badan serta memelihara fungsi organ tubuh.

Baca Juga:  Update Terbaru Kasus Gagal Ginjal Akut di Tanah Air

“Saat libur, nikmati waktu bersama keluarga dengan sering beraktivitas fisik agar tubuh kembali bugar dan kalori pun terbakar. Saat lebaran usai dan kembali beraktivitas maka aktivitas olahraga juga perlu diteruskan. Minimal 3 kali seminggu dengan durasi 15-45 menit,” tuturnya.